Khairul Azmi, 1032017007 (2022) Peangaruh Kecemasan Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kelas X di SMA Negeri 1 Kejuruan Muda. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
KHAIRUL AZMI. 1032017007. PMA. 2022.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kecemasan matematika adalah reaksi fisika berupa perasaan takut, tegang dan cemas bila berkaitan dengan matematika. Berkembangnya gejala kecemasan matematika sangat mengkhawatirkan, sehingga pembelajaran matematika menjadi kurang efektif. Apabila kecemasan dalam belajar matematika telah mendominasi pikiran siswa, maka ia akan sulit berkonsentrasi yang akhirnya siswa akan enggan belajar Sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Semakin tinggi tingkat kecemasan matematika siswa semakin rendah hasil belajar matematika siswa. Kecemasan matematika dapat berdampak negatif terhadap hasil belajar matematika siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui besar pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Kejuruan Muda. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Teknik sampel yang digunkan adalah jenis Simple Random Sampling. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X IPA 2. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besar pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika siswa pada kelas X SMA Negeri 1 Kejuruan Muda yaitu 6,7% dan 93,3 dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Sabaruddin, M.Si Pembimbing II: Wahyuni, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kecemasan matematika, hasil belajar |
Subjects: | Matematika > Topik Khusus Matematika |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 08 Feb 2023 05:34 |
Last Modified: | 08 Feb 2023 05:34 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3242 |
Actions (login required)
View Item |