Mawaddah Thamren, 3012018001 (2022) Strategi Komunikasi Pemasaran Atamtech Delivery dalam Menarik Minat Pelanggan. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
MAWADDAH THAMREN. 3012018001. KPI. 2022.pdf Download (2MB) |
Abstract
Atamtech delivery merupakan sebuah perusahaan kecil yang bergerak pada bidang pengantaran makanan atau barang melalui aplikasi pada smartphone. Jumlah pengguna atamtech delivery semakin meninggkat, semakin banyak penjual-penjual yang mendaftarkan untuk bergabung dan dagangannya di masukkan ke aplikasi atamtech. Tetapi, aplikasi tersebut masih sering terjadi gangguan hingga orang-orang terganggu karena lamanya proses loading di aplikasi tersebut. Maraknya para persaingan usaha delivery serupa membuat atamtech delivery mendapatkan tantangan baru, sehinga atamtech delivery harus memperkuat strategi-strateginya. Maka dari itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses penggunaan aplikasi atamtech delivery dan bagaimana strategi komunikasi pemasaran atamtech delivery dalam menarik minat pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses penggunaan aplikasi atamtech dan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran atamtech delivery dalam menarik minat pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini munggunakan teori IMC (Intergrade Marketing Communication) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Proses penggunaan aplikasi atamtech yaitu aplikasi harus mendownload terlebih dahulu, masuknya memakai nomer hp, memilih warung yang diinginkan dan memasukkan makanan yang ingi dipesan kekeranjang lalu mengkonfirmasikan pesanan dan mencheckout. (2) Strategi komunikasi pemasaran atamtech dalam menarik minat pelanggan ada tiga, pertama periklanan yaitu atamtech melakukan strategi periklanan melalui via online seperti instagram, whattsapp dan facebook dan via offline seperti spanduk, brosur dan stiker, kedua promosi yaitu Bentuk promosi yang dilakukan atamtech di instagram adalah mengadakan kuis, giveaway dan juga promo pada tanggal�tanggal cantik dan ketiga komunikasi secara langsung di tempat pembelian yaitu dengan menggunakan jaket khusus atamtech, dengan ini menjadi simbol bagi atamtech lebih di kenal masyarakat, warna atamtech itu kuning ke oren dan ada logo berwarna hitam menjadi ciri khas atamtech agar menarik minat pelanggan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Yusmami, MA Pembimbing II: Al Mutia Gandi, S.Sos.I, M.Kom.I |
Uncontrolled Keywords: | strategi komunikasi pemasaran, atamtech delivery, minat pelanggan |
Subjects: | Hukum Islam > Ekonomi Islam |
Divisions: | Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 03 Feb 2023 09:27 |
Last Modified: | 03 Feb 2023 09:27 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3235 |
Actions (login required)
View Item |