Pengaruh Pengetahuan Etika Bisnis Islam dan Religiusitas Terhadap Perilku Pedagang Muslim (Studi Kasus: Pedagang di Pasar Kota Langsa)

Dwi Amara Putri, 4012017106 (2021) Pengaruh Pengetahuan Etika Bisnis Islam dan Religiusitas Terhadap Perilku Pedagang Muslim (Studi Kasus: Pedagang di Pasar Kota Langsa). Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
DWI AMARA PUTRI. 4012017106. PBS. 2022.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh etika bisnis Islam dan religiusitas terhadap perilaku pedagang Muslim di pasar Kota Langsa. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan penarikan sampel probability sampling dengan cara simple random sampling. Sampel yang digunakan adalah pedagang di pusat pasar Kota Langsa yang terletak di Kecamatan Langsa Kota sebanyak 90 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan membagikan kepada pedagang di pusat pasar Kota Langsa. Metode analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesa (uji t, uji F dan R2 ). Hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa variabel independen etika bisnis Islam secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pedagang muslim dengan nilai thitung 2,393 > ttabel 1,987 dan sig 0,019 < 0,05, dan variabel religiusitas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan ekonomi masyarakat dengan nilai thitung 4,375 > ttabel 1,987 dan sig 0,000 < 0,05 Hasil penelitian uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara variabel etika bisnis Islam dan religiusitas terhadap perilaku pedagang muslim dengan nilai Fhitung 39,100 > ftabel 3,10. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan analisis koefisiensi determinasi (adjusted R 2) bahwa 46,1% variasi nilai perilaku pedagang muslim ditentukan oleh dua variabel yang berpengaruh yaitu etika bisnis Islam dan religiusitas. Sedangkan sisanya 53,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam persamaan tersebut diatas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Junaidi, M.Ed, MA Pembimbing II: Dr. Early Ridho Kismawadi, MA
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam, Perilaku Pedagang Muslim, Religiusitas
Subjects: Muamalat > Perbankan Syariah
Divisions: Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:23
Last Modified: 30 Jan 2023 03:23
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3226

Actions (login required)

View Item View Item