Galdis Shintawati, 4032018096 (2022) Pengaruh Influencer Marketing, Discount dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-Commerce Mahasiswi Fakultas Ekonomi danBisnis Islam IAIN Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
GALDIS SHINTAWATI. 4032018096. MKS. 2022.pdf Download (3MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi telah membuat pergeseran perilaku pelanggan di seluruh dunia termasuk Indonesia, salah satunya ditandai dengan pertumbuhan e-commerce di seluruh dunia yang sedang mengalami peningkatan yang signifikan. Hal tersebut mengindikasikan bahwa masyarakat di seluruh dunia mulai berpindah dari berbelanja secara offline menjadi berbelanja secara online. Maka dari itu terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian di e-commerce yakni influencer marketing, discount, dan online customer review. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti yakni menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan dalam pengumpulan data peneliti menggunakan kuesioner dengan menggunakan teknik pengambilan sampel convenience sampling dengan sampel berjumlah 80 responden mahasiswa pengguna e-commerce. Metode analisis data menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa uji analisis memberikan hasil sebagai berikut: (1) Influencer marketing (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pengguna e-commerce mahasiswi fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN Langsa, dibuktikan dengan nilai thitung 2,384 > ttabel = 1,991 dan nilai sig 0,020 < 0,05, sehingga H01 ditolak dan Ha1 diterima. (2) Discount (X2) secara parsial tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian pengguna e-commerce mahasiswi fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN Langsa, dibuktikan dengan nilai thitung 1,770 < ttabel = 1,991 dan nilai sig 0,081 > 0,05, sehingga H02 diterima dan Ha2 ditolak. (3) Online customer review secara parsial (X3), berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pengguna e-commerce mahasiswi fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN Langsa, dibuktikan dengan nilai thitung 5,748 > ttabel = 1,991 dan nilai sig 0,000 < 0,05, sehinngga H03 ditolak dan Ha3 diterima. (4) Influencer marketing (X1), discount (X2), dan online customer review (X3) secara simultan (bersama-sama) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pengguna e-commerce mahasiswi fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN Langsa, dibuktikan dengan nilai Fhitung (35,538) > Ftabel (2,72) dengan signifikasi sebesar 0,000 < 0,5.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Muhammad Dayyan, M.Sc Pembimbing II: Rifyal Dahlawy Chalil, M.Sc |
Uncontrolled Keywords: | Influencer Marketing, Discount, Online Customer Review, Keputusan Pembelian |
Subjects: | Hukum Islam > Ekonomi Islam |
Divisions: | Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 08:01 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 09:39 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3219 |
Actions (login required)
View Item |