Penerapan Strategi Mind Mapping dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Pembelajaran Sejarah Bani Umayyah di MAS Al-Washliyah P.Berandan

Zulfi Ayuni, 1012018002 (2022) Penerapan Strategi Mind Mapping dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Pembelajaran Sejarah Bani Umayyah di MAS Al-Washliyah P.Berandan. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
ZULFI AYUNI. 1012018002. PAI. 2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Data nilai ulangan harian mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas XI MAS Al-Washliyah P. Berandan rata-rata masih rendah atau berada dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Hal ini pun disebabkan proses pembelajaran yang berlangsung masih kurang optimal sehingga siswa sulit memahami dan terlihat jenuh atau bosan ketika berlangsungnya proses pembelajaran khususnya pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Oleh karena itu seorang guru perlu menerapkan strategi pembelajaran yang tepat bagi siswa pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Sehingga siswa dapat memahami materi yang diajarkan guru sebagai bentuk keberhasilan proses pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan strategi Mind Mapping. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan serta pengaruh dari penerapan strategi mind mapping dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran Sejarah Bani Umayyah di MAS Al-Washliyah P. Berandan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan rancangan One Grup Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, lembar tes dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa penerapan strategi pembelajaran mind mapping berjalan dengan baik hal ini terlihat dari hasil nilai tes penerapan strategi mind mapping siswa kelas XI Agama MAS Al-Washliyah sebelum dan sesudah diberikan treatment (perlakuan) mengalami kenaikan. Pemahaman siswa pada pembelajaran Sejarah Bani Umayyah siswa kelas XI Agama sebelum (pretest) diterapkan strategi mind mapping mendapatkan nilai mean (rata-rata) sebesar 51,25. Setelah diberikan perlakuan (posttest) dengan menggunakan strategi mind mapping nilai mean (rata�rata) siswa sebesar 81,88. Sedangkan untuk hasil uji hipotesis yang didapatkan menunjukkan angka signifikansi 0,000 dengan demikian hipotesis Ha dalam penelitian ini diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, Hal ini menandakan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi mind mapping terhadap pemahaman siswa pada pembelajaran Sejarah Bani Umayyah .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Zainal Abidin, MA Pembimbing II: Muhammad Nuh Rasyid, MA
Uncontrolled Keywords: Strategi Mind Mapping, Pemahaman Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 19 Jan 2023 09:42
Last Modified: 19 Jan 2023 09:42
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3209

Actions (login required)

View Item View Item