Efektivitas Penggunaan Metode Karimah dalam Keberhasilan Membaca Al-Qur'an di SDIT Luqmanul Hakim

Muthmainnah, 1012017017 (2021) Efektivitas Penggunaan Metode Karimah dalam Keberhasilan Membaca Al-Qur'an di SDIT Luqmanul Hakim. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
MUTHMAINNAH. 1012017017. PAI. 2021.pdf

Download (19MB)

Abstract

Dalam mempelajari Al-Qur'an secara baik dan benar sangat dibutuhkan metode yang baik dan berkualitas yang menjadikan peserta didik senang dalam mempelajarinya, karena belajar Al-Qur'an tidak hanya pada masa kecil atau anak-anak saja akan tetapi sampai akhir hayat. Oleh karena itu, metode pembelajaran sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya Al-Qur'an. Namun, sampai sekarang masalah metode pengajaran membaca Al-Qur'an masih menjadi perbincangan bagi para pengajar Al-Qur'an. Bahkan ada yang sudah menamatkan suatu metode membaca Al-Qur'an tetapi tetap saja belum mampu membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar, terkadang bacaan yang seharusnya dibaca pendek malah dibaca panjang, bacaan yang seharusnya tidak dengung malah didengungkan, sebagaimana yang terjadi di SDIT Luqmanul Hakim. Dalam mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran membaca Al-Qur'an dan untuk menumbuhkan semangat belajar sekaligus mempermudah membaca Al-Qur'an, SDIT Lukmanul Hakim telah menawarkan metode baru dalam mempelajari Al-Qur'an yaitu metode Karimah. Metode Karimah merupakan salah satu metode alternatif untuk para pemula yang ingin membaca Al-Qur'an secara mudah, praktis, sistematis, dan sesuai dengan kaidah ilmu tajwid dengan menggunakan cara bertutur/bercerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode karimah dalam keberhasilan membaca Al-Qur'an di SDIT Luqmanul Hakim. Jenis dan pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitiannya adalah proses pelaksanaan program membaca Al-Qur'an dengan metode Karimah sudah sesuai dengan panduanmengajar yang tercantum dalam buku karimah dan penggunaan metode karimah ini sudah efektif dalam keberhasilan membaca Al-Qur'an. Keberhasilan tersebut dapat dilihat dari perolehan nilai qira'ah siswa yang mencapai 80 atau lebih, dengan nilai tersebut siswa dapat dikatakan sudah mampu membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Mohd. Nasir, MA Pembimbing II: Nurhanifah, MA
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode Karimah, Membaca Al-Qur'an
Subjects: Hukum Islam > Alquran dan Hadis
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 17 Jan 2023 09:21
Last Modified: 17 Jan 2023 09:21
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3203

Actions (login required)

View Item View Item