Facebook Marketplace dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Studi di Kota Langsa

Rahmayanti, 5012020030 (2022) Facebook Marketplace dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Studi di Kota Langsa. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
RAHMAYANTI. 5012020030. PASCA HES.. 2022.pdf

Download (5MB)

Abstract

Internet membawa dampak yang cukup besar di sektor perdagangan atau bisnis. Banyak perusahaan yang telah menjalankan bisnis secara online (e�commerce). Kemajuan transaksi jual beli online melalui e-commerce ini juga turut dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di Indonesia, terutama di masa pandemi Covid-19 sejak tahun 2020 di sela pemberlakuan social dan physical distancing. Hal ini meningkatkan transaksi jual beli online terutama di facebook marketplace. Namun, dalam transaksi jual beli online pasti terjadi praktik mal bisnis yang menyebabkan timbulnya berbagai permasalahan karena dalam pelaksanaannya tidak diiringi dengan nilai-nilai moralitas dan agama. Sehingga diperlukan adanya etika bisnis Islam untuk menghindari hal tersebut. Kota Langsa merupakan kota jasa yang terus berkembang dan semakin pesatnya transaksi jual beli online. Oleh karena itu, perlu dilakukan kajian terhadap facebook marketplace dalam perspektif etika bisnis Islam di Kota Langsa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana mekanisme transaksi jual beli online pada facebook marketplace di Kota Langsa, bagaimana review konsumen terhadap transaksi jual beli online pada facebook marketplace di Kota Langsa, serta bagaimana facebook marketplace dalam perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan normatif (syar’i) dan metode penelitian deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, analisis data dan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa mekanisme transaksi jual beli online di Kota Langsa terdiri dari proses penjualan, pembelian, negosiasi, pembayaran dan pengiriman. Review konsumen terhadap transaksi di facebook marketplace yaitu facebook marketplace menyediakan berbagai produk dengan harga yang terjangkau, pembayaran dapat dilakukan di tempat, informasi produk yang dicantumkan jelas, pembeli merasa puas, dan pembeli dapat mengajukan komplein dan penjual bertanggung jawab. Transaksi jual beli online pada facebook marketplace di Kota Langsa sudah sejalan dengan etika bisnis Islam. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya lima prinsip etika bisnis Islam dalam transaksi jual beli online yaitu prinsip kesatuan, prinsip keseimbangan, prinsip kehendak bebas, prinsip tanggung jawab dan prinsip kebenaran, kebajikan dan kejujuran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan kepada para penjual online di facebook marketplace Kota Langsa diharapkan tetap konsisten dan amanah dalam menerapkan prinsip etika bisnis Islam. Kepada para pembeli juga diharapkan amanah ketika melakukan pemesanan, agar pihak penjual tidak merasakan kerugian. Kepada pihak pengelola facebook marketplace diharapkan suatu saat nanti dapat menyempurnakan fitur-fitur facebook marketplace agar semakin memberikan berbagai kemudahan dalam penggunaan face book marketplace.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing I : Prof. Dr. Iskandar Budiman, MCL Pembimbing II: Mawardi, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Facebook, Marketplace, Etika Bisnis Islam
Subjects: Hukum Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Pasca. Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 12 Jan 2023 08:29
Last Modified: 12 Jan 2023 09:06
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3196

Actions (login required)

View Item View Item