Aini Aulia, 1032018002 (2022) Penggunaan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) Berbasis Tugas Kelompok untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
AINI AULIA. 1032018002. PMA. 2022.pdf Download (3MB) |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis adalah suatu kecakapan berpikir secara efektif yang dapat membantu seseorang untuk membuat, mengevaluasi, serta mengambil keputusan tentang apa yang diyakini atau dilakukan. Memiliki keterampilan berpikir kritis yang baik merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) berbasis tugas kelompok pada materi bangun ruang sisi datar dan untuk melihat peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Langsa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan One-Shot Case Study yang bermakna suatu kelompok diberi treatment/perlakuan, dan selanjutnya diobservasi hasilnya. Keterampilan berpikir kritis siswa paling rendah 85% dari nilai kriteria ketuntasan minimum yang ditentukan itu bahkan lebih dari 85% yang selama ini diduga. Dengan keterampilan berpikir kritis siswa sangat baik dengan penggunaan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) berbasis tugas kelompok. Indikator peningkatan rata-rata diatas dilihat berdasarkan statistic deskriptifnya. Berdasarkan uji hipotesisnya yang diperoleh bahwa thitung 16,019 ˃ ttabel 1,711, dapat disimpulkan untuk menolak Ho dan menerima Ha artinya pada taraf signifikan 5% bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa setelah menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) berbasis tugas kelompok.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Mazlan, S.Pd, M.Si Pembimbing II: Budi Irwansyah, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA), berpiki Kritis, dan tugas kelompok. |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pendidikan |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 02:51 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 02:51 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3188 |
Actions (login required)
View Item |