Perilaku Konsumtif Mahasiswa dalam Belanja Online ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam

Meliana Fiteri, 4022018074 (2021) Perilaku Konsumtif Mahasiswa dalam Belanja Online ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
MELIANA FITERI. 4022018074. EKS. 2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berbelanja secara online lebih didorong oleh keinginan semata. tanpa memperhatikan apa kegunaan barang- barang yang dibeli. Ditambah lagi dengan adanya berbagai macam penawaran mulai dari gratis ongkir, potongan harga, dan bisa bayar ditempat. Sehingga mendorong mahasiswa untuk terus berbelanja tanpa memikirkan kegunaanya. Jika hal ini diabaikan maka akan berdampak pada keungan, sehingga pengeluran semakin banyak, uang yang seharusnya di tabung atau digunakan untuk kebutuhan mendatang habis begitu saja hanya untuk membeli barang yang tidak diperlukan. Didalam Islam telah di ajarkan dalam berbelanja harus mengutamakan kebutuhan, bukan sekedar keinginan saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumtif mahasiswa dalam berbelanja secara online yang ditinjau dari ekonomi Islam dan faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa FEBI IAIN Langsa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Langsa. Informan penelitiain sebanyak 7 orang . Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknis analis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan melalui tahap pengumpulan data melalui tahap reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukan bahwa perilaku konsumtif mahasiswa dalam berbelanja secara online yang ditinjau dari ekonomi Islam yaitu membeli produk demi menjaga penampilan diri dan gengsi, munculnya penilain bahwa membeli produk dengan harga yang mahal akan menimbulkan percaya diri yang tinggi, membeli produk karena adanya diskon atau potongan harga (bukan atas dasar manfaat dan kegunaanya) dan membeli produk sejenis dengan merek yang berbeda. Faktor yang mempengaruhi terjadinya perilaku konsumtif karena faktor uang saku, faktor iklan dan faktor pertemanan.Perilaku berbelanja online seperti ini tidak sesuai lagi dengan konsumsi Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Abdul Hamid, MA Pembimbing II: Ade Fadillah FW Pospos, MA
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumtif, Ekonomi Islam, Belanja Online
Subjects: Hukum Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 26 Dec 2022 08:49
Last Modified: 26 Dec 2022 08:49
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3182

Actions (login required)

View Item View Item