Evaluasi Program Pengembangan Pendidikan Anak Panti Asuhan Kota Langsa

Muhammad Rizal, 5032020002 (2022) Evaluasi Program Pengembangan Pendidikan Anak Panti Asuhan Kota Langsa. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
MUHAMMAD RIZAL. 5032020002. PAI PASCA. 2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan Program Pengembangan Pendidikan Anak Pada Panti Asuhan di Kota Langsa. Ditinjau dari segi konteks, input, proses, dan produk. Penelitian ini termasuk penelitian evaluatif kualitatif dengan model CIPP (Context, Input, Proses, dan Product) yang dikembangkan oleh Daniel stuffle beam. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari segi konteks, Panti Asuhan ini dibangun dengan tujuan untuk kemaslahatan anak-anak yang kurang beruntung. Kurang beruntung disini maksudnya adalah anak-anak yang terlantar, baik mereka yatim, piatu, maupun yatim piatu. Dengan terbuka lebar pintu panti asuhan anak-anak memiliki tempat dimana mereka bisa menempuh pendidikan, baik pendidikan formal maupun pendidikan non formal. Panti asuhan memiliki program yang cukup baik, seperti melatih anak-anak untuk menerapakan kemandirian dalam dirinya dan juga membentuk jiwa yang bertanggung jawab terhadap diri sendiri maupun orang lain. Pada segi input sarana dan prasarana yang dimiliki oleh panti asuhan serta sumber dana panti asuhan sudah cukup baik dan sangat memadai, karena anak asuh tidak merasakan keluhan apapun dari segi sarana dan prasarana. Pada segi proses, panti asuhan membentuk dan membina anak-anak asuh menjadi anak yang berguna baik bagi agama maupun bagi bangsa dan negara. Namun dalam proses pembinaan dan pembentukan ini, pengasuh juga memiliki hambatan. Dari segi produk, menghasilkan anak-anak asuh yang mandiri dan memiliki Karakter yang baik, peduli terhadap Panti Asuhan maupun berkecimpung dalam Panti asuhan. Selain itu juga lulusan panti asuhan sudah mampu untuk menerapkan dan menjalankan apapun yang bisa mereka lakukan untuk kehidupan mereka. Setalah mereka keluar dari panti asuhan, mereka juga tidak lupa bahwa dengan adanya panti asuhan ini mereka bisa mendapatkan perhatian dan kasih sayang (bagi yang tidak memiliki orang tua). Namun bagi yang memiliki orang tua tetapi tidak dapat merasakan bangku pendidikan. Dengan terbukanya pintu panti asuhan tersebut anak asuh bisa merasakan bangku pendidikan yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Zulkarnaini, MA Pembimbing II: Burhanuddin Sihotang, MA
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program, Pengembangan Pendidikan, dan Panti Asuhan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Pasca. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:28
Last Modified: 09 Dec 2022 03:28
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3150

Actions (login required)

View Item View Item