Devi Yuliana, 1012015035 (2019) Pengaruh Pendekatan Inkuiri pada Mata Pelajaran Al-Qur'an dan Hadist Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII MTsN 1 Aceh Tamiang. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
DEVI YULIANA. 1012015035. PAI. 2019.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui bagaimana penggunaan pendekatan Inquiry dalam proses pembelajaran Al-Qur'an-Hadist siswa kelas VIII di MTsN 1 Aceh Tamiang. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah dua kelas, yaitu kelas VIII.A yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.B yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian adalah teknik tes berupa tes peningkatankemampuan berpikir kritis peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes formatif hasil belajar. Tes tersebut berbentuk tes objektif sebanyak 5 soal esay dengan skor 100. Hasil analisis data pretest diperoleh rata-rata pre-test kelas eksperimen 39,25 dan rata-rata pre-test kelas kontrol 35,35. Hal ini menunjukkan bahwa kedua kelas sampel (kelas eksperimen dan kelas kotrol) homogen yaitu memiliki kemampuan awal yang sama sehingga kedua kelas ini dapat dilakukan penelitian lebih lanjut
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Razali Mahmud, MM Pembimbing II: Rita Sari, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran inkuiri terhadap Prestasi Belajar |
Subjects: | Hukum Islam > Alquran dan Hadis |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 07 Dec 2022 04:13 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 04:13 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3145 |
Actions (login required)
View Item |