Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Manajemen Kelas di SMK Negeri 1 Idi Rayeuk Aceh Timur

Khairul Anwar, 5032017020 (2021) Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Manajemen Kelas di SMK Negeri 1 Idi Rayeuk Aceh Timur. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
KHAIRUL ANWAR. 5032017020. PASCA PAI. 2021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kompetensi guru merupakan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dikuasai, dan di aktualisasikan dalam melaksanakan tugas serta tanggungjawab dalam mengajar, mendidik dan memenej kelas, Untuk dapat mengembangkan proses pembelajaran yang baik, guru dituntut untuk memiliki berbagai kompetensi serta berbagai keterampilan dasar mengajar. Dalam perspektif kebijakan Nasional, Pemerintah telah merumuskan empat jenis kompetensi guru, sebagaimana tercantum dalam penjelasan peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yaitu: “kompetensi pedagogis, kepribadian, sosial dan professional. Sedangkan keterampilan mengajar sangat menentukan kualitas pembelajaran yaitu: “keterampilan bertanya, memberi penguatan, memberi variasi, menjelaskan, membuka dan menutup pelajaran, mengelola kelas. Namun sejauh ini ada guru ketika melaksanakan proses belajar mengajar belum sepenuhnya memenej kelas dengan baik. Kompetensi dalam manajemen kelas di SMK Negeri 1 Idi Rayeuk Aceh Timur baik secara langsung maupun tidak langsung, telah membawa perubahan yang positif, hal tersebut dilakukan dengan beberapa program penerapan manajemen kelas yang telah dijalankan. Untuk mengetahui bagaimana kompetensi guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur, maka penelitian ini memfokuskan masalah pada penerapan manajemen kelas di SMK Negeri 1 Idi Rayeuk Aceh Timur (Studi Kasus Pada SMK Negeri 1 Idi Rayeuk Aceh Timur, yaitu 1) Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Implementasi Manajemen Kelas di SMK Negeri 1 Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur. 2) Upaya-upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Implementasi Manajemen Kelas di SMK Negeri 1 Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode analisis, dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus. Penulis terjun langsung ke lapangan penelitian untuk mengumpulkan data. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung, melakukan wawancara dengan informan serta studi dokumentasi. Untuk analisis data penulis lakukan dalam tiga cara, yaitu reduksi data (penyaringan data), display data (penyajian data) dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan manajemen kelas menguasai keempat kompetesi, diantaranya kompetensi pedagogogis, guru mampu ;1) Memahami wawasan atau landasan kependidikan, 2) Memahami tentang peserta didik, 3) Mengembangkan kurikulum/silabus, 4) Menyusun rancangan pembelajaran, 5) Melaksanakan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, 6) Mengvaluasi hasil belajar, dan 7) Mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Kompetensi kepribadian, guru memiliki : 1) berakhlak mulia, 2) mantap, stabil dan dewasa, 3) arif dan bijaksana, 4) menjadi teladan, 5) mengevaluasi kinerja sendiri, 6) mengembangkan diri, dan 7) religius. Sedangkan Kompetensi sosial, 1) berkomunikasi lisan dan tulisan, 2) menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional, 3) bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik dan 4) bergaul secara santun dengan masyarakat sekitar. Dan Kompetensi professional, guru menguasai 1) konsep, struktur dan metode keilmuan/teknologi/seni yang menaungi/koheren dengan materi ajar, 2) materi ajar yang ada dalam kurikulum sekolah, 3) hubungan konsep antarmata pelajaran terkait, 4) penerapan konsep keilmuan dalam kehidupan sehari-hari, dan 5) kompetisi secara profesional dalam kontek global dengan tetap melestarikan nilai dan budaya nasional Sedangkan upaya yang dilakukan guru PAI yaitu ; terbagi kedalam empat tahab yakni : tahab pertama perencanaan pelajaran; 1) Penguasaan Materi, 2). Analisis materi pelajaran, 3). Program tahunan dan Program semester, 4). Rancangan Program Pembelajaran RPP). Dan tahab pelaksanaan pembelajaran ; 1). Pembukaan Pembelajaran 2). Appersepsi 3) Penyajian Materi Pelajaran 4). Gaya dan gerak gerik mengajar 5). Pengunaan Alat dan Media Pengajaran 6). Memotivasi Peserta didik 7). Penggunaan Metode 8). Bertanya 9). Evaluasi 10). Menutup Pelajaran tahab penataan ruang belajar/kelas ; 1). Menngatur ruang kelas, 2). Menciptakan kelas yang nyaman dan menyenangkan, 3). Pengaturan ketertiban kelas, 4). Pengontrolan disiplin peserta didik, 5). Pelaksanaan ganjaran dan hukuman, 6). Penciptaan lingkungan/kelas yang bersih dan tahab evaluasi pembelajaran ; 1). Penilan Proses, 2). Penilaan Ulangan Harian, 3). Peniaian Ulangan Umum Dari hasil penelitian dapat disarankan (1) hendaklah lebih meningkatkan kompetensi guru dalam memenej kelas yang lebih, (2). Serta dapat meningkatkan upaya - upaya yang dapat atau yang yg mendukung manajemen kelas yang lebih baik serta perlu dilakukan penelitian lanjutan atau pengembangan khususnya tentang manajemen kelas di SMK Negeri 1 Idi Rayeuk Aceh Timur

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Basri, MA Pembimbing II: Dr. Muhaini
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru PAI, Implementasi dan Manajemen Kelas
Subjects: Pendidikan > Pengajar/Guru
Divisions: Pasca. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 07 Dec 2022 03:59
Last Modified: 07 Dec 2022 03:59
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3144

Actions (login required)

View Item View Item