Dara Ascha Julkha, 1062017002 (2022) Pengaruh Pendamping Orang Tua dalam Proses Belajar Anak di TK Negeri Pembina Kecamatan Langsa Baro Kota Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
DARA ASCHA JULKHA. 1062017002. PIAUD. 2022.pdf Download (969kB) |
Abstract
Kemandirian anak merupakan kemampuan anak untuk melakukan kegiatan dan tugas hari-hari sendiri atau dengan sedikit bimbingan, sesuai dengan tahap perkembangan dan kemampuan anak. Namun, beberapa orang tua masih menemani anak untuk mengikuti proses pembelajaran di sekolah, orang tua masih mengantar anak sampai didepan kelas, masih ada nak yang belum mampu membuka/memakai sepatu sendiri, bahkan di dalam proses pembelajran di dalam kelas anak masih tidak mampu merapikan mainan setelah bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan dampak pendampingan orang tua dalam pembelajaran di TK Negeri Pembina Kecamatan Langsa Baro Kota Langsa. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif. Sampel penelitian ini yaitu guru dan orang tua siswa TK Negeri Pembina Kecamatan Langsa Baro Kota Langsa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar wawancara kepada guru dan orang tua siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pendampingan orang tua dalam pembelajaran anak di TK Negeri Pembina Kecamatan Langsa Baro Kota Langsa yaitu menyediakan fasilitas belajar yang merupakan salah satu bentuk penunjang utama orang tua dalam mendukung pengembangan dalam pendidikan anak-anaknya, mengawasi kegiatan belajar anak dilakukan sebagai upaya untuk mengetahui bagaimana pertumbuhan dan perkembangan anak dalam hal pendidikan serta mengawasi kesulitan yang dihadapi anak dalam belajar dengan melakukan pengawasan serta memberikan bantuan kepada anak yang menghadapi kesulitan di dalam belajar. Selain itu, dampak pendamping oarang tua terhadap pembelajaran anak di TK Negeri Pembina Kecamatan Langsa Baro Kota Langsa,yaitu dampak positif berupa pihak guru akan menjadi lebih terbantu dalam tahap mengawasi dan mendidik anak-anak, serta dampak negatif yaitu sikap kemandirian menjadi sulit untuk dikembangkan pada anak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Rita Mahriza, MS Pembimbing II: Veryawan, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Anak,Pendampingan orangtua, Proses belajar. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 04:32 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 04:32 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3137 |
Actions (login required)
View Item |