Pengaruh Literasi Keuangan, Religiusitas dan Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online (Studi pada Mahasiswa IAIN Langsa)

Yuni Safitri, 4022017099 (2022) Pengaruh Literasi Keuangan, Religiusitas dan Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online (Studi pada Mahasiswa IAIN Langsa). Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
YUNI SAFITRI. 4022017099. EKS. 2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa bagaimana pengaruh literasi keuangan, religiusitas dan media sosial secara parsial dan simultan terhadap perilaku konsumtif belanja online pada mahasiswi IAIN Langsa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswi IAIN Langsa dengan jumlah sampel sebanyak 98 orang responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan secara parsial tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif, dengan nilai X1 sebesar 0,074 dan nilai thitung sebesar 0,520 sedangkan ttabel sebesar 1,661 atau (0,520 < 1,661) dengan nilai signifikansi 0,604 > 0,05. Religiusitas secara parsial tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif, dengan nilai X2 sebesar 0,064 dan nilai thitung sebesar 0,416 sedangkan ttabel sebesar 1,661 atau (0,416 < 1,661) dengan nilai signifikansi 0,679 > 0,05. Media sosial secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif, dengan nilai X3 sebesar 0,751 dan nilai thitung sebesar 8,189 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,661 atau (8,189 > 1,661) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Selanjutnya hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan secara simultan atau bersama-sama antara literasi keuangan, religiusitas dan media sosial terhadap perilaku konsumtif belanja online pada mahasiswi IAIN Langsa, dengan nilai Fhitung 34,090 > Ftabel 2,70 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh literasi keuangan, religiusitas dan media sosial terhadap perilaku konsumtif belanja online pada mahasiswi IAIN Langsa sebesar 50,6 % dan sisanya sebesar 49,4 % dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Amiruddin, MA Pembimbing II: Mastura, M.E.I
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan, Religiusitas, Media Sosial, Perilaku Konsumtif.
Subjects: Hukum Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 30 Nov 2022 08:09
Last Modified: 30 Nov 2022 08:09
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3128

Actions (login required)

View Item View Item