Rika Mawardah, 4012017161 (2022) Pengaruh Kesadaran Merek, Harga Dan Persepsi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslimah Di Kota Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
RIKA MAWARDAH.4012017161.PBS.2022.pdf Download (3MB) |
Abstract
Saat ini tren fashion sedang berkembang pesat tidak hanya di dunia tetapi juga di Indonesia. Dalam agama Islam terdapat beberapa ketentuan dan aturan untuk umat Islam dalam menjalankan kehidupannya seperti ajaran berakhlak, berpakaian, berdagang, berpolitik, hingga mengatur kenegaraan telah ditetapkan oleh ajaran agama Islam. Untuk menjaga aurat perempuan, maka kaum perempuan dianjurkan untuk menutup auratnya dengan berpakaian yang baik atau biasa disebut berjilbab. Terdapat beberapa faktor dalam memutuskan pembelian busana muslim yaitu persepsi kualitas, harga dan kesadaran merek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara parsial dan simultan apakah kesadaran merek, harga dan persepsi kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian busana muslimah di Kota Langsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif menggunakan analisis regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wanita yang ada di Kota Langsa yang berjumlah 92.563 masyarakat. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive dengan jumlah sampel 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran merek memunjukkan nilai thitung dari sebesar 2,988 > dari ttabel sebesar 1,660, dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 < alpha 0,05 maka Ho1 ditolak. Artinya kesadaran merek memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan demikian hipotesis diterima. Harga menunjukkan nilai thitung sebesar 4,748 > dari ttabel sebesar 1,660, dengan nilai signifikansi 0,000< 0,05 maka Ho2 ditolak. Artinya harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian busana muslimah di Kota Langsa dengan demikian hipotesis diterima. Persepsi kualitas produk menunjukkan nilai thitung dari sebesar 4,985 > dari ttabel sebesar 1,660, dengan nilai signifikansi 0,000< 0,05 maka Ho ditolak. Artinya persepsi kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian busana muslimah di Kota Langsa dengan demikian hipotesis diterima. Secara simultan (keseluruhan) persepsi kualitas produk, harga dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian dapat dilihat dari hasil uji F, dengan nilai Fhitung= 50,576 > dari Ftabel 2,46 dengan nilai signifikansi = 0.000. Dengan demikian nilai signifikansi (0.000 < 0.05), maka terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi kualitas produk (X1), harga (X2), dan kesadaran merek (X3), terhadap keputusan pembelian (Y).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Dr. Mukhlis, Lc., M.Pd.I Pembimbing II:Rifyal Dahlawy Chalil, M.Sc |
Uncontrolled Keywords: | Kesadaran Merek, Harga, Persepsi Kualitas, KeputusanPembelian |
Subjects: | Muamalat > Jual Beli |
Divisions: | Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 08 Nov 2022 08:35 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 08:35 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3085 |
Actions (login required)
View Item |