Uci Dinda Ayu Bestari, 4012017099 (2021) Analisis Keputusan Penggunaan Layanan E-Banking Dalam Menarik Minat Nasabah Bertransaksi (Studi Kasus Nasabah BSI Kota Langsa). Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
UCI DINDA AYU BESTARI.4012017099PBS.2021.pdf Download (2MB) |
Abstract
Menurut undang-undang No. 21 tahun 2008, bank syariah adalah bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah dan menurut jenisnya terdiri atas Bank Umum Syariah dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah. Menyadari semakin ketatnya persaingan yang terjadi di dunia perbankan ini, kualitas pelayanan perbankan semakin meningkat dan persaingan pada jasa perbankan semakin kompleks setelah keluarnya penjaminan terbatas (dana nasabah) yang dilakukan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Saat ini harapan�harapan nasabah dalam pelayanan jasa bank adalah kecepatan dan keakuratannya, sehingga bank berlomba-lomba untuk selalu berinovasi dalam memberikan produk layanan jasanya. Kehandalan bank di masa depan lebih ditentukan oleh seberapa efisiensi dalam menggali sumber dana murah untuk intermediasi dan non bunga. Cara untuk meraih masa depan itu adalah mengembangkan saluran perbankan elektronik atau dikenal sebagai Electronic Banking (E- Banking). Pengembangan E-Banking relatif lebih efisien dengan dukungan teknologi informasi. Otoritas Jasa Keuangan menjelaskan bahwa: “E-Banking merupakan layanan yang memungkinkan nasabah bank untuk memperoleh informasi, melakukan komunikasi dan melakukan transaksi perbankan melalui media elektronik seperti Automatic Teller Machine (ATM), Electronic Data Capture (EDC), Point Of Sales (POS), Internet banking, SMS banking, Mobile banking, e-commerce, phonebanking, dan video banking”. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan Analisis yang dapat disimpulkan yaitu nasabah menggunakan layanan e-banking sangat meningkat karena adanya beberapa penyebab atau alasan meningkatnya transaksi nasabah, efisiensi waktu dari nasabah, kemudahan penggunaannya dan ketersediaan fasilitas dengan berbagai jenis produk layanan e-banking yang paling sering digunakan seperti ATM, SMS Banking, Internet Banking dan Mobile Banking. Produk e-banking sangat membantu nasabah dalam bertransaksi tanpa harus repot-repot datang langsung ke Bank Syariah Indonesia Kota Langsa untuk melakukan transaksi perbankan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Muhammad Dayyan, M.Ec Pembimbing II:Nurjanah, ME |
Uncontrolled Keywords: | Keputusan Pengguna, Layanan E-Banking, Minat Nasabah, Transaksi |
Subjects: | Muamalat > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 09:01 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 09:05 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3066 |
Actions (login required)
View Item |