Rahmawati, 1012012123 (2019) Upaya Guru PAI dalam Menumbuhkan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 4 Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
RAHMAWATI.1012012123.PAI.2019.pdf Download (7MB) |
Abstract
Di sekolah SMA Negeri 4 Langsa masih banyak ditemukan siswa yang kurang kreatif dalam proses belajar mengajar, hanya menerima saja dari guru, tidak ada ide-ide kreatif yang muncul dalam belajar, sehingga siswa cenderung mudah bosan dan malas. Oleh sebab itu diperlukan upaya-upaya yang dapat menumbuhkan kreativitas belajar. Berdasarkan latar belakang masalah di atas penulis dapan merumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana upaya guru PAI dalam menumbuhkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 4 Langsa? Apa sajakah faktor-faktor yang mendukung dan menghambat upaya guru PAI dalam menumbuhkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 4 Langsa?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui upaya guru PAI dalam menumbuhkan kreativitas belajar pada mata pelajaran PAI di SMA 4 Langsa. Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat upaya guru PAI dalam menumbuhkan kreativitas belajar siswa pada pelajaran PAI di SMA Negeri 4 Langsa. Metodologi penelitian yang penulis gunakan untuk penelitian ini yaitumetode kualitatif dengan jenis field research, adapun teknik pengumpulan yang penulis gunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan penulis analisis dengan menggunakan kualitatif deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis peroleh yaitu upaya Guru PAI SMA negeri 4 Langsa dalam menumbuhkan kreativitas siswa dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti pemberian dukungan dalam merangsang mental siswa dalam aspek kognitif, selain itu memberikan berbagai metode seperti diskusi, inkuiri,CTL, tanya jawab dan metode lainnya dapat membantu menumbuhkan kreativitas belajar siswa. Adapun faktor pendukung dalam menumbuhkan kreativitas belajar yaitu: motivasi orang tua, kemampuan siswa, sarana dan prasarana yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Adapun faktor hambatabn dalam menumbuhkan kreativitas yaitu: guru kurang menguasai materi, siswa tidak bersemangat siswa sering terlambat dan jarang masuk.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : H. Mukhlis, Lc. M.Pd.I Pembimbing II: Nani Endri Santi, MA |
Subjects: | Pendidikan > Siswa > Motivasi Belajar Siswa |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 19 Oct 2022 04:39 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 04:39 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3019 |
Actions (login required)
View Item |