Vini Suci Ramadhayana, 1052015022 (2021) Implementasi Model Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Pelajaran PKN di SD Negeri Alue Lhok. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
VINI SUCI RAMADHAYANA. 1052015022. PGMI. 2021.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi model pembelajaran guided inquiry pada pelajaran PKN di SD Negeri Alue Lhok dan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa pada pelajaran PKN setelah penerapan model pembelajaran guided inquiry di SD Negeri Alue Lhok. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang diterapkan selama dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa 1) Implementasi model pembelajaran guided inquiry pada pelajaran PKN di SD Negeri Alue Lhok, peneliti lakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Kedua siklus ini peneliti jabarkan langkah-langkah pembelajaran menggunakan model pembelajaran guided inquiry. Selanjutnya tahapan yang peneliti lakukan dengan memberikan soal tes untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa setelah model pembelajaran guided inqury diterapkan. 2) Adanya peningkatan kemampuan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri Alue Lhok. Hasil ini dibuktikan dari penjumlahan nilai pre-tes yaitu 61.60%, hasil tes siklus I yaitu 68.80 %, dan hasil tes siklus II yaitu 78.83%. Hasil ini menunjukkan bahwa 1) Implementasi model pembelajaran guided inquiry pada pelajaran PKN di SD Negeri Alue Lhok yang dilakukan pengamat 1 di atas dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam menyajikan materi menggunakan metode guided inquiry bernilai sangat baik yaitu 3,6 dan hasil dari pengamat 2 juga bernilai baik bernilai 3,5. Sedangkan pada siklus II, hasil pengamatan yang telah dilakukan oleh pengamat I bernilai sangat baik yaitu 3,7 dan pengamat 2 memberi nilai sangat baik dengan nilai 3,6. 2) Adanya peningkatan kemampuan konsep siswa dalam proses pembelajaran PKN. Oleh karena itu, implementasi model pembelajaran kooperatif guide inquiry dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa di kelas IV SD Negeri Alue Lhok..
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Yusaini, M.Pd Pembimbing II: SyamsiaH. Z, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Guided Inquiry dan Pemahaman Konsep |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pengajaran |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 18 Oct 2022 08:54 |
Last Modified: | 18 Oct 2022 08:54 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3011 |
Actions (login required)
View Item |