Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada Kelas V MIN 1 Langsa

Intan Safira, 1052017012 (2021) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada Kelas V MIN 1 Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
INTAN SAFIRA NIM. 1052017012. PGMI. 2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada kelas V MIN 1 Langsa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam satu siklus, dimana pada siklus ini terdiri dari empat tahap yaitu Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi dengan proses penelitian (1) hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada pembelajaran IPA kelas V MIN 1 LAngsa. (2) respon siswa dengan penerapan Think Talk Write (TTW) pada kelas V di MIN 1 Langsa. Populasi jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa kelas V MIN 1 Langsa. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) adanya peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada pembelajaran IPA dikela V. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil analisis data pra penelitian yang berupa analisis nilai pra-tindakan diketahui masih banyak terdapat siswa yang masih dibawah KKM yaitu berjumlah 18 siswa atau 60%, adapun siswa yang mencapai KKM berjumlah 12 siswa atau sekitar 40%. Pada tindakan siklus I, disamping proses juga hasil belajar siswa meningkat yang semula berjumlah 18 siswa atau 60% menjadi 23 siswa atau 77%. Dari 30 siswa sebanyak 7 siswa atau 23% dinyatakan belum tuntas. Persentase yang terlihat pada observasi pra-tindakan sebesar 68% dengan kategori cukup, kemudian meningkat pada observasi siklus I sebesar 79% dengan kategori baik. (2) hasil analisis data angket respon siswa, dapat dikatakan positif terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran Think Talk Write. Persentase jawaban siswa pada setiap aspek pertanyaan dengan nilai rata-rata 89%. Sehingga penggunaan model pembelajaran Think Talk Write dapat dikatakan membantu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan materi perpindahan panas dan kalor. Harapan penulis semoga penelitian ini dapat bermanfaat bagi semua pihak umumnya, dan bagi penulis khususnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Yusaini, M.Pd Pembimbing II: Raudhatul Husna, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Think Talk Write, Hasil Belajar, Angket Respon Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 18 Oct 2022 08:32
Last Modified: 18 Oct 2022 08:32
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3007

Actions (login required)

View Item View Item