Syafitri, 1052017070 (2022) Penggunaan Analisis Glass untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Disleksia SLB Aceh Timur. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
SYAFITRI. 1052017070. PGMI. 2022.pdf Download (618kB) |
Abstract
Sebagaimana fenomena yang terjadi di SLB Aceh Timur, anak-anak tersebut memiliki kesulitan dalam membaca. Pada dasarnya pihak guru telah merusaha mengupayakan agar anak-anak berkelainan khusus tersebut segera dapat teratasi dengan mudah dalam permulaan membaca. Karena pada hakikatnya anak�anak tersebut memang sulit dikondisikan dalam memberikan pembelajaran termasuk juga dalam permulaan membaca. Hal tersebut membuat pihak sekolah berupaya lebih ekstra dalam menangani permasalahan yang terjadi pada sebagaian besar anak-anak tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah: 1) Bagaimana penggunaan analisis glass untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak disleksia SLB Aceh Timur? Dan 2) Faktor penghambat dan pendukung penggunaan analisis glass untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak disleksia SLB Aceh Timur?. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan analisis glass untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak disleksia SLB Aceh Timur melalui 3 (tiga) tahap yaitu: a. Mengidentifikasi keseluruhan kata/huruf dan bunyi kelompok huruf. Memperkenalkan huruf-huruf abjad yang sudah dikelompokkan dengan potongan kertas pada anak-anak. b. Mengucapkan bunyi-bunyi kelompok huruf dan huruf abjad A-Z. Hal ini dicontohkan atau dilafalkan terlebih dahulu oleh guru agar didengarkan oleh anak-anak. c. Meminta anak untuk mengucapkan bunyi-bunyi kelompok huruf. Setelah anak-anak mendengar guru membaca/membunyikan huruf-huruf abjad maka selanjutnya meminta anak-anak untuk mengikuti dan mengulangi pengucapan bunyi-bunyi huruf abjad tersebut. Selanjutnya, faktor penghambat dan pendukung penggunaan analisis glass untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak disleksia SLB Aceh Timur antara lain: a. Penghambat: kurangnya tenaga pendidik, masih banyak yang tidak mengenali huruf abjad, dan anak kurang yakin dengan apa yang dibacanya. b. Pendukung: terdapat dukungan dan bantuan dari orang tua dengan mengajarkan hal yang sama pada anak saat di rumah. Hal ini sangat membantu pihak guru dalam memperoleh hasil maksimal dengan lebih cepat
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Chery Julida Panjaitan, M.Pd Pembimbing II: Yustizar, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Analisis Glass, Membaca Permulaan, Disleksia |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus > Pendidikan Disabilitas |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 18 Oct 2022 08:07 |
Last Modified: | 18 Oct 2022 08:07 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3003 |
Actions (login required)
View Item |