Falya Nur Raiya, 4032018082 (2022) Analisis Willingness to Pay (WTP) Pengunjung Wisata Hutan Mangrove Kuala Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
FALYA NUR RAIYA. 4032018082. MKS. 2022.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesediaan membayar pengunjung terhadap upaya pelestarian Hutan Mangrove Kuala Langsa dan menganalisis besaran nilai kesediaan membayar pengunjung terhadap upaya pelestarian wisata Hutan Mangrove Kuala Langsa. Variabel dependen yang diteliti adalah willingness to pay( kesediaan untuk membayar). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Terdapat hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat pada regresi berganda sehingga diperoleh rumus Y = -1.238 + 0,330X1 + 0,219X2 + 0,073X3+ 0.214X4+ e kemudian diketahui bahwa nilai determinasi sebesar R 2 = 0,900. Hal ini berarti 90% willingness to pay dapat dijelaskan oleh variabel bebas yakni tingkat pendidikan, pendapatan, frekuensi kunjungan, dan pengetahuan lingkungan secara simultan dan sisanya sebesar 10% persen dijelaskan oleh faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.Tingkat pendidikan berhubungan positif terhadap willingness to pay dengan kontribusi berpengaruh sebesar thitung > ttabel (4,946>1,984) sehingga Sehingga hipotesis H01 ditolak. Pendapatan berhubungan positif terhadap willingness to pay dengan kontribusi berpengaruh (3,425>1,984) sehingga hipotesis H02 ditolak. Frekuensi kunjungan berhubungan positif terhadap willingness to pay dengan kontribusi berpengaruh (2,348>1,9847) sehingga hipotesis H03ditolak. Pengetahuan lingkungan berhubungan positif terhadap willingness to pay dengan kontribusi berpengaruh (4,005>1,9874). Penelitian ini menggunakan Contingent Valuation Method (CVM), CVM adalah metode teknik survey untuk menanyakan kepada responden tentang nilai atau harga yang mereka berikan terhadap komoditi yang tidak memiliki nilai pasar seperti barang lingkungan. CVM menggunakan pendekatan secara langsung dimana teknik ini menanyakan kepada responden berapa besarnya Willingness To Pay (WTP) untuk memperoleh manfaat tambahan dari keadaan sebelumnya Dari 100% (100 orang) responden menjawab bersedia membayar tiket masuk hari biasa hutan Mangrove Kuala Langsa sebanyak 89 responden dengan penawaran harga Rp.10.000, dan 11 responden lainnya tidak setuju kemudian untuk kesediaan responden membayar tiket masuk akhir pekan sebanyak 91 responden bersedia membayar tiket masuk akhir pekan sebesar Rp. 15.000 dan 9 responden tidak bersedia membayar Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kesediaan membayar secara signifikan yaitu tingkat pengetahuan, pendapatan, tingkat pendidikan, dan frekuensi kunjungan terhadap kesediaan membayar pelestarian hutan Mangrove Kuala Langsa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Zikriatul Ulya, SE, M.Si Pembimbing II: Zulfa Eliza, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Wisata Hutan Mangrove,WTP,CV |
Subjects: | Hukum Islam > Ekonomi Islam |
Divisions: | Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 07 Oct 2022 08:05 |
Last Modified: | 07 Oct 2022 08:05 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2960 |
Actions (login required)
View Item |