Suriyana, 4012015033 (2022) Strategi Pemasaran Usaha Produksi Arang Di Desa Paya Udang Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
SURIYANA.4012015033.PBS.2022.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran usaha produksi Arang di desa Paya Udang dan bagaimana penerapan Analisis SWOT Sebagai Implementasi Strategi Pemasaran Usaha Produksi Arang di Desa Paya Udang Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kualitatif bersifat deskriftif bersumber dari data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan keterangan-keterangan secara faktual. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik (Purposive Sampling), sampel yang ambil yaitu Usaha Produksi Arang Pak Ismail. Adapun metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SWOT. Dimana SWOT ini dapat menggambarkan secara jelas bagaimana peluang dan ancaman eksternal yang dihadapi perusahaan dapat disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan yang dimiliknya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai matriks dari faktor internal 2,59 dan nilai matriks dari faktor eksternal 2,72. Usaha produksi arang di desa Paya Udang berada di sel nomor lima (growth), yaitu suatu keadaan dimana perusahaan berada pada Growth yaitu strategi yang memiliki potensi dan beberapa pertimbangan strategi dalam rencana pengembangan strategi pemasaran tanpa harus mengubah strategi yang telah diterapkan. Berdasarkan hasil analisis SWOT, implementasi strategi pemasaran usaha produksi akan tepat apabila melakukan strategi Growth oriented, yaitu merupakan strategi pertumbuhan yang berorientasi untuk mendapatkan keuntungan. Usaha tersebut memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :M. Yahya, SE, M. Si Pembimbing II:Mutia Sumarni, MM |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Usaha Produksi Arang, Pengusaha |
Subjects: | Hukum Islam > Etika Bisnis dalam Islam |
Divisions: | Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 03:40 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 03:40 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2920 |
Actions (login required)
View Item |