Pengaruh Kualitas Pelayanan Dengan Dimensi Carter Terhadap Keputusan Masyarakat Menggunakan Jasa Perbankan Syariah Di Kota Langsa

Sri Ratna Rizki, 4012016032 (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dengan Dimensi Carter Terhadap Keputusan Masyarakat Menggunakan Jasa Perbankan Syariah Di Kota Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
SRI RATNA RIZKI.4012016032.pbs.2021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan dengan dimensi CARTER (compliance, assurance, reliability, tangible, emphaty, dan responsiveness) terhadap keputusan masyarakat untuk menggunakan jasa perbankan syariah. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan penarikan sampel nonprobability sampling dengan cara accidental sampling. Sampel yang digunakan adalah masyarakat di Kota Langsa yang telah menggunakan jasa perbankan syariah sebanyak 96 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan membagikan kepada masyarakat Kota Langsa. Metode analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesa (uji t dan uji F). Hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa variabel compliance berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai thitung 3,544 > ttabel 1,987 dan sig 0,001 < 0,05, variabel reliability berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai thitung 3,912 > ttabel 1,987 dan sig 0,000 < 0,05, dan variabel tangible berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai 10,828 > ttabel 1,987 dan sig 0,000 < 0,05. Namun berbeda dengan variabel assurance tidak berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai thitung -1,454 < ttabel 1,987 dan sig 0,149 > 0,05, variabel emphaty tidak berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai thitung 1,004 < ttabel 1,987 dan sig 0,318 > 0,05, serta variabel responsiveness tidak berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai thitung -1,568 < ttabel 1,987 dan sig 0,120 > 0,05. Hasil penelitian uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara variabel compliance, assurance, reliability, tangible, emphaty, dan responsiveness terhadap keputusan masyarakat untuk menggunakan jasa perbankan syariah dengan nilai Fhitung sebesar 55,826 dan sig 0,000 < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan analisis koefisiensi determinasi (adjusted R 2) bahwa 77,6% variasi nilai keputusan masyarakat untuk menggunakan jasa perbankan syariah ditentukan oleh enam variabel yang berpengaruh yaitu compliance, assurance, reliability, tangible, emphaty, dan responsiveness. Sedangkan sisanya 22,4 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam persamaan tersebut diatas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. H. Basri Ibrahim, MA Pembimbing II:Safwandi, M.Mat
Uncontrolled Keywords: Assurance, Compliance, Emphaty, Keputusan Masyarakat, Kualitas Pelayanan, Reliability, Responsiveness
Subjects: Muamalat > Perbankan Syariah
Divisions: Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 12 Sep 2022 03:48
Last Modified: 12 Sep 2022 03:48
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2914

Actions (login required)

View Item View Item