Dr. Mahyiddin, S.Ag.,M.A, 196907031997021001 (2020) Integrasi Program Full Day School Dan Habituasi Karakter Islami Pada Smp Islam Terpadu Kota Langsa. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4 (2). pp. 399-406. ISSN 2548-8848
Text
Jurnal Dedikasi Pendidikan.pdf Download (781kB) |
Abstract
Internalisasi dan habituasi karakter Islami pada sekolah Islam Terpadu diwujudkan melalui program full day school. Melalui pendidikan karakter diharapkan siswa mampu secara mandiri meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya, mengkaji dan menanamkan nilai-nilai karakter sehingga terwujud dalam perilaku sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program unggulan full day school dari SMPIT di Kota Langsa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada kurikulum yang digunakan oleh sekolah dan latar belakang pendidikan guru. SMPIT Muhammadiyah memadukan kurikulum Nasional, pendidikan dayah serta kemuhammdiyahan dan memiliki guru dari lulusan luar negeri dan lulusan dalam negeri, sementara SMPIT Tadzkia mengintegrasikan kurikulum Nasional dengan kurikulum JSIT dan guru lulusan dalam negeri.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Full Day School, Habituasi, Integrasi, Karakter Islami, Kurikulum |
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum Pendidikan |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 30 Aug 2022 08:23 |
Last Modified: | 30 Aug 2022 08:23 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2865 |
Actions (login required)
View Item |