Penerapan Metode An-Nahdliyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Di Kelas VII SMP Negeri 1 Langsa

Dr. Mahyiddin, S.Ag.,M.A, 196907031997021001 (2017) Penerapan Metode An-Nahdliyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Di Kelas VII SMP Negeri 1 Langsa. Al-Ikhtibar : Jurnal Pendidikan, 4 (2). pp. 587-596. ISSN 2406-808X

[img] Text
Jurnal Al-Ikhtibar (2).pdf

Download (724kB)
Official URL: http://-

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode An Nahdliyah dapat meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an di kelas VII SMP Negeri 1 Langsa. Rancangan penelitian yang akan penulis gunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Hasil evaluasi pada siklus I masih belum tuntas, sehingga dilakukan perbaikan pada siklus II. Refleksi siklus I dilakukan untuk menentukan langkah-langkah perbaikan pada siklus II. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa 1) Penerapan metode an-Nahdliyah untuk meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa dapat dikatakan berhasil. Hal ini terbukti dari hasil pada siklus I sebesar 53,33 yang tergolong cukup, tetapi pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 86,67 yang tergolong sangat baik sekali. 2) Kesiapan guru dalam mengajar menggunakan metode an-Nahdliyah sangatlah baik. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi yang dilakukan oleh pengamat (observer) pada siklus I sebesar 77,08 dan meningkat pada siklus II sebesar 95,83, dengan kata lain tidak ada kendala bagi guru dalam menerapkan metode an Nahdliyah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: An-Nahdliyah; Baca Tulis Al-Qur’an; SMPN 1 Langsa; Mahyiddin
Subjects: Hukum Islam > Alquran dan Hadis > Ilmu-ilmu Alquran > Ilmu Qira'at
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 30 Aug 2022 08:07
Last Modified: 30 Aug 2022 08:07
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2863

Actions (login required)

View Item View Item