Penyesuaian Akademik Mahasiswa pada Masa Pembelajaran Daring (Studi pada Mahasiswa Prodi BKI IAIN Langsa)

Intan Purnama Sari, 3022016026 (2022) Penyesuaian Akademik Mahasiswa pada Masa Pembelajaran Daring (Studi pada Mahasiswa Prodi BKI IAIN Langsa). Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
INTAN PURNAMA SARI. 3022016026. BKI. 2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dampak dari pandemi Covid-19 menyebabkan sistem pembelajaran dilakukan secara daring. Perubahan sistem pembelajaran ini menyebabkan mahasiswa harus mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan sistem pembelajaran tersebut. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat penyesuaian akademik mahasiswa Prodi BKI IAIN Langsa pada masa pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian yaitu mahasiswa semester V dan VII Prodi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah yang berjumlah 112 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penyesuaian akademik mahasiswa berada pada kriteria tinggi yaitu sebesar 37,5%, kemudian sebesar 35,7% yang memiliki penyesuaian akademik berada pada kategori sedang, 17% yang memiliki penyesuaian akademik berada pada kategori rendah, 8% yang memiliki penyesuaian akademik berada pada kategori sangat rendah dan 1,8% yang memiliki penyesuaian akademik berada pada kategori sangat tinggi dengan tingkat penyesuaian tertinggi yaitu pada indikator achievement of academic goals dengan rata-rata skor yaitu 4,06. Kemudian indikator intellectual development engan rata�rata skor yaitu 4,03, indikator adequate effort dan satisfaction of needs, desire and interest dengan rata-rata skor yaitu 4,01, indikator acquisition of worth while knowledge dengan rata-rata skor yaitu 3,93, dan indikator sucesfull performance dengan rata-rata skor yaitu 3,89. Agar pembelajaran secara daring dapat tetap berjalan dengan efektif dan dapat meningkatkan kemampuan penyesuaian akademik yang cepat dari mahasiswa, maka dalam hal ini membutuhkan konstribusi dosen seperti menciptakan inovasi baru dalam penyampaian materi dan mahasiswa membutuhkan perhatian lebih dari dosen seperti membalas setiap pertanyaan mahasiswa yang dipertayakan melalui media online sehingga mahasiswa merasa terstimuli karena apa yang dikerjakan tidak sia-sia. Selain itu, diharapakn kepada mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan dalam penyesuaian akademik dengan terus memotivasi diri dan mengubah pola pikir menjadi lebih aktif dan inovatif dalam mengejar kesuksesan dan dapat terus berjuang untuk dapat mencapai suatu tujuan yang sukses.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Sabrida M. Ilyas, M.Ed Pembimbing II: Dedy Surya, M.Psi
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Penyesuaian Akademik
Subjects: Pendidikan > Konseling Pendidikan
Divisions: Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 18 Aug 2022 04:41
Last Modified: 18 Aug 2022 04:41
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2832

Actions (login required)

View Item View Item