Edi Suranta Tarigan, 3012014048 (2021) Respon Masyarakat Terhadap Komunikasi Persuasif Petugas Bhabinkamtibnas dalam Pemecahan Masalah di Gampong Alue Buloh. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
EDI SURANTA TARIGAN.3012014048.KPI.2021.pdf Download (3MB) |
Abstract
Komunikasi persuasif merupakan adanya kesempatan yang sama untuk saling mempengaruhi, memberi tahu audiens tentang tujuan persuasif dan mempertimbangkan kehadiran audiens. Kepolisian Indonesia dalam menjalankan tugas preemtif dilakukan melalui kegiatan pembinaan masyarakat (Binmas) atau bimbingan masyarakat (Bimmas) dimulai dari Binmas pada Mabes Polri hingga pada Polsek yang dibantu oleh Bintara Pembina Kamtibmas (Babinkamtibmas) yang berada pada tingkat Desa/Kelurahan yaitu pada Kampung Alue Buloh Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi persuasif dengan masyarakat oleh bhabinkamtibmas di gampong Alue-Buloh, untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah komunikasi persuasif petugas bhabinkamtibmas dalam pemecahan masalah di gampong Alue-Buloh dan untuk mengetahui bagaimana respons masyarakat terhadap komunikasi persuasif petugas bhabinkamtibmas dalam pemecahan masalah di gampong Alue-Buloh. Metode jenis penelitian yang penulis lakukan ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Dalam pengumpulan data penulis melakukan wawancara dan dokumentasi. Serta analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif. Kesimpulan hasil penelitian menjelaskan bahwa proses komunikasi persuasif dengan masyarakat seperti permasalahan persengketaan batas tanah sesama masyarakat yang dilakukan anggota Bhabinkamtibmas di Gampong Alue Buloh Kecamatan Birem Bayeum dilakukan dengan komunikasi internal sesama anggota Polri serta melakukan konsultasi dengan Pimpinan dalam proses penyelesaian permasalahan yang terjadi di masyarakat dalam kawasan hukum Resort Birem Bayeun. Anggota Bhabinkamtibmas juga melakukan orasi (sambutan) dalam kegiatan sosial masyarakat dengan memberikan pemahaman hukum terkait keamanan dan ketertiban gampong serta memberikan pemahaman hukum melalui komunikasi persuasif secara interpersonal. Langkah-langkah komunikasi persuasif petugas Bhabinkamtibmas dalam pemecahan seperti permasalahan persengketaan batas tanah sesama masyarakat di Gampong Alue Buloh mendapat respon positif dari masyarakat dalam melakukan evaluasi pemecahan masalah secara persuasif. Komunikasi persuasif dilakukan Bhabinkamtibmas dengan komunikasi secara formal maupun komunikasi secara nonformal melalui durasi waktu yang dipergunakan mulai dari lebih kurang setengah jam sampai 1 (satu) jam lebih. Sehingga melalui komunikasi persuasif ini, setiap permasalahan yang terjadi pada Gampong Alue Buloh dapat diselesaikan sesuai dengan aturan berlaku dalam masyarakat maupun secara peraturan perundang-undangan. Respon masyarakat terhadap komunikasi persuasif yang dilakukan petugas Bhabinkamtibmas dalam pemecahan masalah di Gampong Alue Buloh Kecamatan Birem Bayeun dengan menyelesaikan permasalahan seperti: permasalahan persengketaan batas tanah sesama masyarakat, belum adanya peraturan (Reusam) Gampong, kasus perselingkuhan, hewan ternak bebas berkeliaran, masih adanya rumah masyarakat layak huni rusak, kurangnya kepercayaan masyarakat (kurang transparansi) aparat desa dalam pengelolaan anggaran desa, kekerasan dalam rumah tangga, penggunaan narkoba, perselisihan masyarakat dan lain-lain. Permasalahan-permasalahan ini dapat diselesaikan atas peran Bhabinkamtibnas melalui forum-forum silaturahmi yang dilakukan Bhabinkamtibnas di Gampong Alue Buloh Kecamatan Birem Bayeun
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Masyarakat, Komunikasi Persuasif, Bhabinkamtibnas |
Subjects: | Dakwah > Komunikasi Dakwah |
Divisions: | Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 02:50 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 02:50 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2792 |
Actions (login required)
View Item |