Supiah, 5032019005 (2021) Analisis Kompetensi Guru Pai Dengan Pendekatan Model Tematik Terpadu Pada Kurikulum 2013 Di Min 1 Langsa. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
SUPINAH.5032019005.PASCAPAI.2021.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kompetensi merupakan keahlian yang harus dimiliki oleh guru dalam menjalankan tugas dan kewajibanya sebagai seorang pendidik. Kompetensi tersebut meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi social dan kompetensi professional. Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui proses pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan kurikulum 2013 dengan berlatar belakang guru PAI, mengetahui kompetensi guru PAI dalam mengajar tematik serta kendala-kendala yang di hadapinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mix Method dengan desain Exploratory Sekuensial dengan menggunakan tahapan-tahapan yaitu penelitian kualitatif dengan cara wawancara (interview) dan observasi (pengamatan). Dilanjutkan dengan penelitian kuantitatif dengan melakukan uji Validitas, Reabilitas, Regresi serta uji Normalitas. Sampel dalam penelitian ini adalah guru PAI yang mengajar pembelajaran Tematik Terpadu dengan kurikulum 2013 sebanyak 5 orang. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh serta uji data dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru PAI dalam mengajar pembelajaran tematik memiliki kompetensi yang baik dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa baik dari segi Afektif, Kognitif dan Psikomotorik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Dr. Muhaini, MA Pembimbing II:Nurmawati, M.Pd, Ph.D |
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Guru PAI, Model Tematik Terpadu, Kurikulum 2013 |
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum Pendidikan |
Divisions: | Pasca. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 02:03 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 02:03 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2787 |
Actions (login required)
View Item |