Upaya Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Motivasi Tahfidz Qur’an Di Sdit Luqmanul Hakim Kota Langsa

Sonia Gardiola Aulia, 3022017022 (2022) Upaya Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Motivasi Tahfidz Qur’an Di Sdit Luqmanul Hakim Kota Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
SONIA GARDIOLA AULIA.3022017022.BK.2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu komponen penting dalam menghafal Al-Qur’an adalah niat dan upaya guru Tahfidz dalam meningkatkan motivasi siswanya dalam menghafal Al-Qur’an. Namun, terdapat masalah dimana ada anak didik yang belum menyelesaikan hafalannya sebanyak 1 juz atau anak-anak yang belum mendapatkan reward sama sekali, tidak memiliki motivasi menghafal ketika proses pembelajaran menghafal Al-Qur’an sedang berlangsung walaupun sekolah sudah meyediakan fasilitas reward untuk memotivasi mereka. Dan dari sini juga upaya guru tahfidz yang memberikan motivasi untuk para siswa-siswi yang kurang motivasi dalam menghafal Al-Qur’an. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah upaya guru Tahfidz dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an di SDIT Luqmanul Hakim Kota Langsa serta apakah faktor-faktor pendukung serta hambatan guru Tahfidz dalam meningkatkan motivasi hafalan Al-Qur’an siswa di SDIT Luqmanul Hakim Kota Langsa. Dalam melakukan penelitian ini peneliti menggunakan metode jenis penelitian lapangan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif yaitu menggambarkan fenomena apa yang yang terlihat dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru Tahfidz dalam meningkatkan motivasi hafalan Al-Qur’an siswa dengan cara memberikan motivasi kepada siswa, memberikan apresiasi berupa pujian, mempunyai target hafalan, berkomunikasi dengan orang tua, tadabbur alam, berkomunikasi dengan siswa di luar jam holaqoh, penyampaian motivasi di luar jam holaqoh, kerja sama dengan orang tua. Hambatan yang dihadapi guru Tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa adalah emosi siswa yang tidak stabil dan orang tua yang lepas tangan terhadap hafalan anak nya ketika berada di rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. Samsuar, MA Pembimbing II:Syiva Fitria, BA, M.SC
Uncontrolled Keywords: Guru, Tahfidz, Motivasi Tahfidz Gur'an
Subjects: Hukum Islam > Alquran dan Hadis > Ilmu-ilmu Alquran
Divisions: Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:13
Last Modified: 08 Aug 2022 04:13
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2783

Actions (login required)

View Item View Item