Sity Zavira, 1052015047 (2021) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Probing Promting di MIN 1 Kota Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
SITY ZAVIRA. 1052015047. PGMI. 2021.pdf Download (895kB) |
Abstract
Tujuan pendidikan adalah menjadikan manusia yang berilmu, beriman dan bertakwa. Dalam hal ini, peranan guru sangat dominan guru memberikan materi secara langsung pada siswa untuk keberhasilan dalam belajar yang berkualitas dan bermutu. Sistem pendidikan terus menerus mengalami perubahan- perubahan mengikuti perkembangan zaman yang terus berpacu. Sesuai dengan tuntutan ilmu pengetahuan dan tekhnologi saat ini.Penulis mengidentifiksikan beberapa masalah yang akan dijadikan bahan yaitu kurang nya inovasi belajar siswa sehingga membuat siswa tak mampu untuk memahami soal matematika dan rendahnya nilai matematika yang diperoleh siswa di setiap akhir pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk untuk memperoleh data secara akurat tentang upaya meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran probing prompting di MIN 1 Kota Langsa.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V MIN 1 Kota Langsa, yang berjumlah 30 siswa terdiri dari 12 laki-laki dan 18 perempuan, subjek pemberi tindakan adalah peneliti, guru matematika kelas V MIN 1 Kota Langsa dan teman sejawat. Tekhnik pengumpulan data melalui tes dan observasi.Tekhnik analisis data dilakukan secara kualitatif, yang meliputir reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas V MIN 1 Kota Langsa. bahwa terjadi peningkatan dalam pembelajaran matematika dengan cara mengimplementasikan model pembelajaran Probing Promting dikelas V MIN 1 Kota Langsa.Hal ini dapat ditunjukkan dengan tingkat ketuntasan hasil tes belajar siswa secara klasikal meningkat dari 32% (8 siswa ) pada siklus I, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 84% (21 siswa) dengan mencapai peningkatan hingga 52%. Sehingga teknik tersebut merupakan model yang baik untuk menyampaikan materi pecahan biasa dan desimal bagi siswa kelas V MIN 1 Kota Langsa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Rita Sari, M.Pd Pembimbing II: Nina Rahayu, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Probing Promting, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 03:03 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 03:03 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2778 |
Actions (login required)
View Item |