Pengaruh Metode BTQ Terhadap Kualitas Menulis Hafalan Al- Qur'an Siswa Kelas VII di SMP Muhammadiyah Kota Langsa

Sari Amila, 1012013088 (2020) Pengaruh Metode BTQ Terhadap Kualitas Menulis Hafalan Al- Qur'an Siswa Kelas VII di SMP Muhammadiyah Kota Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
SARI AMILA.1012013088.PAI.2020.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode BTQ terhadap kualitas menulis hafalan al-Qur’an siswa kelas VII.C di SMP IT Muhammadiyah Kota Langsa. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru thafidz dan siswa SMP Muhammadiyah Kota Langsa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan hasil bahwa pengaruh metode BTQ terhadap kualitas menulis hafalan al-Qur’an dimulai dari perencanaan, pembelajaran, dan evaluasi. Didalam menulis al-Qur’an, siswa terlihat kesulitan tanpa alat bantu dalam menulis al-Qur’an dikarenakan bahwa siswa masih perlu pembiasaan dalam menulis al-Qur’an dengan alat bantu. Dalam menulis al�Qur’an dari tes tulisan yang dilaksanakan oleh guru terhadap siswa menunjukkan hasil kurang memuaskan ketika awal masuk di kelas, padahal mereka sudah duduk di bangku SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Bagaimana pelaksanaan metode BTQ pada siswa kelas VII.C di SMP IT Muhammadiyah kota Langsa? Bagaimana pengaruh metode BTQ terhadap kualitas menulis hafalan al-Qur’an? Dengan mengunakan metode imlak dalam pembelajaran hafalan menulis al-Qur’an kemampuan siswa dalam menulis al-Qur’an menjadi meningkat, karena metode ini sangat efektif terhadap kemampuan menulis siswa. Tujuan dari pengaruh metode BTQ terhadap pembelajaran menulis siswa diantaranya sebagai berikut: Untuk mengetahui pelaksanaan metode BTQ terhadap menulis hafalan al-Qur’an terhadapsiswa. Untuk mengetahui pengaruh metode BTQ terhadap kualitas menulis hafalan al-Qur’an terhadap siswa. Adapun manfaat penelitian ini adalah: Bagi guru: dengan dilaksanakannya penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas, serta untuk meningkatkan profesional guru sebagai agen pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu. Bagi siswa: hasil penelitian ini akan memberikan manfaat bagi siswa yaitu untuk meningkatkan keterampilan menulis al-Qur’an dengan menggunakan pendekatan Imlak. Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan metode Imlak pada pembelajaran Thafidz yaitu presentase ketuntasan belajar menulis al-Qur’an secara klasikal menaik pada tahap pra siklus sebesar 64,28%, pada siklus I sebesar 70,71%, dan pada siklus II ketuntasan belajarmenulis al-Qur’an siswa mencapai 92,85%. Nilai rata-rata hasil siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu para tahap pra siklus sebesar 58,96, siklus I sebesar 70,42, dan pada siklus II naik menjadi 81,89. Sedangkan aktifitas belajar menulis al-Qur’an siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan metode Imlak. Aktifitas menulis al-Qur’an dengan menggunakan metode Imlak siswa dapat terlihat dari pra siklus, siklus I, dan siklus II, secara berturut-turut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mulyadi, MA Pembimbing ii: Nurhanifah, MA
Uncontrolled Keywords: Metode BTQ, Menulis, Hafalan Al-Quran
Subjects: Hukum Islam > Alquran dan Hadis
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:05
Last Modified: 04 Aug 2022 04:05
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2776

Actions (login required)

View Item View Item