PEMBINAAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS V DI MIN PAYA BUJOK KOTA LANGSA

NURUL HUSNA, 110905294 (2014) PEMBINAAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS V DI MIN PAYA BUJOK KOTA LANGSA. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
ready.pdf

Download (577Kb) | Preview

Abstract

Kecerdasan emosional siswa sangat penting untuk ditanamkan mengingat kedudukan emosional lebih penting dibandingkan kecerdasan intelektual. Kecerdasan emosional memungkinkan kita menentukan pilihan-pilihan yang baik tentang apa yang akan dimakan, siapa yang akan dijadikan teman hidup, pekerjaan apa yang akan dilakukan, dan bagaimana menjaga keseimbangan antara kebutuhan pribadi dan kebutuhan orang lain. Sepatutnya pembinaan kecerdasan emosional ditanamkan sejak usia dini kepada peserta didik. Untuk itu perlu adanya pengetahuan yang baik tentang kecerdasan emosional bagi mereka yang berkiprah dalam dunia pendidikan untuk tiap jenjang. Kecerdasan emosional berperan membantu kecerdasan intelektual jika ingin memecahkan masalah-masalah penting, membuat keputusan penting, dan untuk melakukan hal-hal tersebut dengan cara istimewa. Sebagaimana diketahui kecerdasan emosional tidak diajarkan secara khusus disekolah dan tidak tercatat dalam dokumen pembelajaran maupun raport, seperti nilai-nilai pelajaran ataupun keterampilan lainnya. Namun demikian kecerdasan emosional merupakan salah satu faktor yang penting dan sebaiknya harus dimiliki oleh siswa yang memiliki kebutuhan untuk meraih prestasi belajar yang lebih baik di sekolah, untuk itulah dalam pembinaan kecerdasan emosional perlu adanya pedoman yang dapat dijadikan pegangan oleh pedidik di sekolah maupun orang tua dalam membina kecerdasan emosional anak dalam keluarga. Berangkat dari latar belakang tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana pembinaan kecerdasan emosional yang dilakukan guru di MIN Paya Bujok Kota Langsa? 2. Bagaimana kecerdasan emosional siswa sebagai hasil dari pembinaan guru di MIN Paya Bujok Kota Langsa?. Berdasarkan rumusan masalah sebagaimana disebutkan maka tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui pembinaan kecerdasan emosional yang dilakukan guru di MIN Paya Bujok Kota Langsa. 2. Untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa sebagai hasil dari pembinaan guru MIN Paya Bujok Kota Langsa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Budiman, MA Pembimbing II: Nani Endri Santi, MA
Uncontrolled Keywords: KECERDASAN EMOSIONAL, MIN PAYA BUJOK KOTA LANGSA
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Murid
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 03 Dec 2015 04:00
Last Modified: 03 Dec 2015 04:00
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/277

Actions (login required)

View Item View Item