Pengaruh Pengetahuan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Mahasiswa Menggunakan Jasa Pegadaian Syariah

Susilawati, 4012017166 (2022) Pengaruh Pengetahuan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Mahasiswa Menggunakan Jasa Pegadaian Syariah. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
SUSILAWATI. 4012017166. PBS. 2022.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan terhadap minat mahasiswa menggunakan jasa pegadaian syariah, untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat mahasiswa menggunakan jasa pegadaian syariah dan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan kualitas pelayanan secara bersama-sama terhadap minat mahasiswa menggunakan jasa pegadaian syariah. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan survei. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling diambil sebanyak 82 responden. Teknik analisis data menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, uji ketetapan model yaitu uji F dan uji koefisien determinasi (R2 ), analisis regresi linear berganda, serta uji hipotesis yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pengetahuan berpengaruh terhadap Y sebesar 5,274 dan bernilai positif. Hal ini dibuktikan dengan hasil ujian statistik menggunkan SPSS diperoleh nilai signifikasi 0,000 dan nilai t hitung sebesar 5,274 . Berdasarkan ketentuannya jika sig< 0,05 (0,000 < 0,05) dan t hitung > t tabel (5,274 > 1,990), maka pengetahuan secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap minat mahasiswa menggunakan jasa pegadaian. Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Y sebesar 3,540 dan bernilai positif. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistik menggunakan SPSS diperoleh nilai signifikasi 0,001 dan nilai t hitung sebesar 3,540. Berdasarkan ketentuannya jika sig<0,05 (0,001 < 0,05) dan nilai thitung>ttabel (3,540 > 1,990), maka kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap minat mahasiswa menggunakan jasa pegadaian. Pengaruh pengetahuan dan kualitas pelayanan secara secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa menggunakan jasa pegadaian. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji nilai statistik menggunakan SPSS. Dari hasil pengujian diperoleh nilai F hitung sebesar 25.769 dengan signifikasi sebesar 0,000. Oleh karena nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Junaidi, M.Ed, MA Pembimbing II: Ade Fadillah FW Pospos, M.A
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Minat Mahasiswa
Subjects: Muamalat > Gadai
Divisions: Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 02 Aug 2022 09:05
Last Modified: 02 Aug 2022 09:05
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2749

Actions (login required)

View Item View Item