Pemberian Reward Dan Pu Nishment Untuk Memotivasi Belajar Siswa Usia Sekolah Dasar Di Desa Tampur P Aloh Aceh Timur Tahun 2020/2021

Nurhairah, 1052017023 (2021) Pemberian Reward Dan Pu Nishment Untuk Memotivasi Belajar Siswa Usia Sekolah Dasar Di Desa Tampur P Aloh Aceh Timur Tahun 2020/2021. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
NURHAIRAH.1052017023.PGMI.2021.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa faktor diantaranya siswa mudah bosan dalam belajar, dan sebagian dari orang tua siswa kurang memberikan motivasi belajar pada siswa, hal ini akan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tampur Paloh Aceh Timur. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui apakah ada penerapan reward dan punishment dalam memotivasi belajar siswa baik guru maupun orang tua siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apa saja bentuk reward dan punishment yang diterapkan dalam memotivasi belajar siswa? (2) Bagaimana efektivitas dari pelaksanaan reward dan punishment yang diterapkan dalam memotivasi belajar siswa?. Adapun tujuan peneliti dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk menggambarkan bentuk-bentuk reward dan punishment yang diterapkan dalam memotivasi belajar siswa. (2) Untuk menggambarkan bagaimana efektivitas dari pelaksanaan reward dan punishment dalam memotivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV, V dan VI SD, dan jumlah keseluruhannya adalah 34 orang siswa. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Pengumpulkan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (angket), wawancara dan dokumentasi. Kuesioner (angket) digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan reward dan punishment yang diberikan oleh guru, maupun orang tua siswa. Wawancara digunakan untuk mengetahui orang tua siswa dan guru, bagaimana dalam menerapkan reward dan punishment. Dan dokumentasi digunakan sebagai alat pendukung dalam pelaksanaan proses penelitian ini. Hasil angket reward adalah memiliki kategori sedang yaitu mendapatkan jumlah skor 1196 dan jumlah nilai 88. Dan skor pada punishment yaitu 970 dan jumlah nilai 79 dan memiliki kategori sedang. Dan jumlah skor pada motivasi 1523 dan jumlah nilai 86 hanya mendapatkan kategori sedang. Hal ini dikarenakan penerapan reward disekolah maupun di rumah atau orang tua siswa belum sepenuhnya diterapkan kepada siswa sehingga hasil belajar siswa belum mendapatkan nilai belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. Zaianal Abidin, M.Pd Pembimbing II:Raudatul Husna, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Reward, Punishment, Motivasi Belajar Siswa, Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan > Siswa > Motivasi Belajar Siswa
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 28 Jul 2022 09:02
Last Modified: 28 Jul 2022 09:02
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2740

Actions (login required)

View Item View Item