Fatimah Zuhra, 1052017050 (2021) Stimulasi Kemampuan Mengarang Pada Siswa Melalui Metode Mind Mapping Di Mi Al-Ashriyah Kota Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
FATIMAH ZUHRA.1052017050.PGMI.2021.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan di Indonesia menempatkan bahasa Indonesia sebagai salah satu bidang studi yang diajarkan di sekolah.Pengajaran Bahasa Indonesia haruslah berisi usaha-usaha yang dapat membawa serangkaian keterampilan. Hal tersebut sesuai dengan depdiknas pada kurikulum KTSP 2006 menyatakan bahwa kompetensi mata pelajaran bahasa Indonesia untuk bidang studi bahasa terdiri empat aspek, yaitu keterampilan membaca, menulis, menyimak dan berbicara. Menulis cerita merupakan kompetensi menulis yang sudah ada dan dimulai dijenjang sekolah dasar/madrasah ibtidayah. Siswa dapat mengungkapkan perasaan, ide, dan gagasannya kepada orang lain melalui kegiatan menulis cerita. Berdasar hasil observasi yang dilakukan peneliti masalah yang dihadapi siswa kelas V MI Al Ashriyah pada kegiatan menulis dalam pembelajaran bahasa Indonesia terutama menulis karangan narasi. Siswa kesulitan dalam menemukan ide dalam bentuk tulisan dan imajinasi yang tidak luas. Berbagai kendala yang dialami siswa salah satunya disebabkan karena pemilihan metode dan teknik pembelajaran yang kurang tepat. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu adanya pemilihan metode mind mapping. Metode mind mapping adalah metode yang dapat menghubungkan ide-ide atau pokok pikiran cerita, sehingga siswa mudah untuk menulis suatu cerita.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Hasil Penggunaan metode mind mapping dalam menulis karangan narasi siswa lebih aktif, mudah memahami materi pembelajaran dan lebih mudah menuangkan ide�ide dan pokok pikiran dalam bentuk tulisan yaitu karangan narasi.Peningkatan penggunaan metode mind mapping dalam menulis karangan narasi. Berdasarkan data yang di analisis siklus I dengan nilai yang tuntas yaitu sebesar 18 siswa dan yang belum tuntas sebesar 15 siswa , dengan jumlah persentase 55%. Sedangkan nilai rata-rata berjumlah 70. Pada siklus II nilai tidak tuntas sebesar 3 siswa dan yang tuntas 30 siswa, dengan jumlah presentase 91% dimana terjadi sebuah peningkatkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Dr. Zulfitri MA Pembimbing II:Siti Habsari Pratiwi, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Stimulasi, Kemampuan Mengarang, Metode Mind Mapping, Siswa |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pengajaran |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 08 Jul 2022 02:46 |
Last Modified: | 08 Jul 2022 02:46 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2678 |
Actions (login required)
View Item |