Jumarni Hidayatul Ajra, 1062017009 (2021) Mengenal Vocabulary Melalui Permainan Scrabble di TK Siwi Kencana Kota Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
JUMARNI HIDAYATUL AJRA .1062017009. PIAUD. 2021.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses mengenal vocabulary melalui permainan scrabble pada siswa TK umur 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deksriptif. Subjek dalam penelitian adalah anak usia 5–6 tahun yang berjumlah 14 anak, terdiri dari 4 anak laki-laki dan 10 anak perempuan dari kelas B3 TK Siwi Kencana Kota langsa. Alat dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan terhadap pengenalan vocabulary melalui pemainan scrabble pada kelas B3 TK Siwi Kencana Kota Langsa, dimana pada tahap I anak dikelas B3 belum mengenal vocabulary melalui scrabble dapat dilihat anak yang berkembang sesuai harapan hanya 1 anak, mulai berkembang 10 anak dan belum berkembang 3 anak. Kemudian tahap II terdapat peningkatan dimana tidak ditemukan lagi anak dengan penilaian belum berkembang. Peningkatan tidak ada anak yang belum berkembang , 5 anak berkembang sesuai harapan dan 9 anak mulai berkembang. Pada tahap III, 11 anak berkembang sesuai harapan dan 3 anak mulai berkembang. Hasil penelitian ini sudah memenui indikator pencapaian 80% dari jumlah anak yang memperoleh nilai BSH (berkembang Sesuai Harapan). Berdasarkan data hasil penelitian kualitatif deskriptif maka dapat disimpulkan bahwa melalui permainan scrabble dapat mengenalkan vocabulary di TK Siwi Kencana Kota Langsa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Rita Mahriza, MS Pembimbing II: Syarfina, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kosakata, vocabulary, scrrabble |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 06 Jul 2022 04:06 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 04:06 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2644 |
Actions (login required)
View Item |