Tamimma Zahara, 1052015019 (2021) Meningkatkan Minat Membaca Siswa Melalui Metode Glenn Doman Berbasis Multimedia pada Siswa MIN 4 di Aceh Timur. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
TAMIMMA ZAHRA. 1052015019. PGMI. 2021.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan membaca siswa dengan menggunakan metode glenn doman berbasis multimedia di MIN 4 Aceh Timur. Metode Glenn Doman adalah metode pengajaran membaca pada anak dengan menggunakan flash card sehingga anak akan mempunyai rasa percaya diri, imajinasi dan gembira. Peneliti melakukan penelitian eksperimen dengan menerapkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang terdiri dari 26 siswa dan kelas kontrol yang terdiri dari 30 siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tanggal 2 Desember 2020 sampai dengan 6 Januari 2021, peneliti mendapatkan hasil bahwa pada kegiatan Pretes, nilai rata-rata siswa pada kelas eskperimen adalah 70,32. Sedangkan nilai rata-rata siswa untuk kelas kontrol adalah 69,15. Kemudian peneliti juga melakukan postes untuk mengukur keberhasilan metode glenn doman untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Berdasarkan hasil kegiatan postest di kelas eksperimen, nilai rata-rata siswa untuk kelas eksperimen sebesar 78,19. Di sisi lain, peneliti juga melakukan kegiatan posttest di kelas kontrol dengan nilai rata-rata 74,23. Keberhasilan metode glenn Doman juga ditunjukan dengan hasil uji hipotesis, dimana t hitung lebih tinggi daripada t tabel yaitu 5,057 >2, 7635. Maka dapat disimpulkan bahwa alternatif hipotesis diterima dan null hipotesis ditolak. Oleh karena itu, metode glenn doman berbasis multimedia dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas IV di MIN 4 Aceh Timur. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti berharap siswa kelas IV MIN 4 Aceh Timur terus meningkatkan kemampuan membacanya dengan atau tanpa menggunakan metode Glenn Doman. Peneliti juga berharap kepada para guru di MIN 4 Aceh Timur untuk dapat menerapkan metode pembelajaran Glenn Doman pada pembelajaran�pembelajaran lainnya dan juga terus menerapkan metode-metode lain untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan membacanya
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Chery Julida Panjaitan, M.Pd Pembimbing II: Rita Sari, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Glenn Doman, dan Kemampuan Membaca |
Subjects: | Pendidikan > Siswa > Motivasi Belajar Siswa |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 08:47 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 08:47 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2629 |
Actions (login required)
View Item |