Penerapan Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray untuk Meningkatkan Sikap Siswa pada Pembelajaran PPKN di Kelas IV MIS Terpadu Langsa

Tia Yunita, 1052016017 (2021) Penerapan Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray untuk Meningkatkan Sikap Siswa pada Pembelajaran PPKN di Kelas IV MIS Terpadu Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
TIA YUNITA. 1052016017. PGMI. 2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran two stay-two stray dapat meningkatkan sikap toleransi siswa pada pembelajaran PPKN Kelas IV MIS Terpadu Langsa. Permasalahan dalam penelitian ini bahwa kebanyakan siswa jenuh dan bosan ketika belajar PPKN dalam proses pembelajaran. Apalagi pada masa pandemi covid-19 dimana jumlah siswa dibagi dua kelas untuk menghindari wabah virus tersebut. Hal ini menjadikan siswa lebih menjaga jarak terhadap teman lainnya dan kurangnya interaksi antara teman sekelasnya menjadikan siswa kurang percaya diri dalam menjelaskan materi yang sedang dipelajari. Rancangan penelitian yang akan penulis gunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran two stay-two stray dapat meningkatkan sikap toleransi siswa pada pembelajaran PPKN Kelas IV MIS Terpadu Langsa. Siswa terlihat antusias dalam bekerjasama untuk mencari contoh sikap yang terkandung dalam sila pancasila. Hasil tes pasa siklus I dengan kategori baik yaitu 77,08% dan meningkat pada siklus II dengan kategori baik sekali yaitu 95,83%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kesiapan guru dalam kegiatan proses pembelajaran berhasil dan sangat baik. Selain itu, hasil kemampuan siswa dalam mengenal nilai-nilai pancasila di kelas IV MIS Terpadu Langsa menunjukkan adanya peningkatan dari setiap siklusnya. Data penelitian menunjukkan bahwa analisis tingkat kemampuan mengenal nilai pancasila pada siklus I dengan nilai yaitu 72% dan meningkat pada siklus II dengan nilai 100%. Dengan kata lain sudah mencapai nilai KKM (75) dan mencapai target sebesar 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Zainal Abidin, MA Pembimbing II: Junaidi, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Model Paired Storytelling dan Kemampuan Berbicara
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 29 Jun 2022 09:12
Last Modified: 29 Jun 2022 09:12
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2607

Actions (login required)

View Item View Item