Al-Hurriyah Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)

Mulyadi, MA, 197707292006041003 (2015) Al-Hurriyah Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Jurnal At-Tarbawi : Media Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan, 6 (2). pp. 188-200. ISSN 2086-9754

[img] Text
Jurnal At-Tarbawi 2015.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://-

Abstract

Artikel ini fokus menelaah tentang kebebasan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Asumsi awal yang dibangun dalam artikel ini bahwa aktivitas pendidikan tidak terlepas dari adanya kebebasan berpikir, baik terhadap individu, kelompok, maupun lingkungan social. Hasil yang diperoleh dari kajian yang dilakukan bahwa untuk menjadikan anak mengenali dirinya, dunianya, dan sosialnya, maka dia harus dimunculkan kebebasan pada dirinya. Selanjutnya huuriyah yang dimaksud adalah huuriyah yang mempunyai tanggung jawab. Yaitu tanggung jawab terhadap hak dirinya, tanggung jawab terhadap hak orang lain dan tanggung jawab terhadap lingkungan sekelilingnya. Adapun yang menjadi prinsip dasar al-hurriyah adalah hadis yang neganjurkan semua orang untuk belajar dan menuntut ilmu.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Al-Hurriyah; pendidikan; Agama Islam
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 28 Jun 2022 08:11
Last Modified: 28 Jun 2022 08:11
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2601

Actions (login required)

View Item View Item