Respon Orang Tua terhadap Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19

Dr. Jelita, M.Pd, 196906051992032004 (2022) Respon Orang Tua terhadap Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19. At-Tafkir : Jurnal Pendidikan, hukum dan sosial keagamaan, 15 (1). pp. 16-29. ISSN 1979-9357

[img] Text
3915-Article Text-13781-1-10-20220611.pdf

Download (374kB)
Official URL: https://journal.iainlangsa.ac.id

Abstract

Pada tahun 2020, proses pembelajaran mengalami perubahan, dari pembelajaran tatap muka berubah menjadi BDR (Belajar Dari Rumah) atau yang dikenal dengan Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan). Hal ini disebabkan, karena adanya wabah virus yang melanda seluruh Negara termasuk Indonesia, sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan tentang WFH (Work From Home) yaitu sistem pembelajaran yang dilakukan dari rumah dengan menggunakan handphone, internet dan aplikasi pendukung. Terlaksananya pembelajaran daring, memicu berbagai komentar dan sanggahan yang terjadi dilapangan, seperti kurangnya sarana, prasarana, beban belajar, finansial dan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon orang tua terhadap pembelajaran daring selama Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan terfokus pada suatu kasus tertentu untuk diamati dan dianalisis secara cermat sampai tuntas. Dalam penelitian ini metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon orang tua terhadap pembelajaran daring saat mendampingi dan membimbing anak dalam melakukan pembelajaran yaitu pada sarana, prasarana, beban belajar, finasial dan waktu.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Pembelaran Daring, Respon Orang Tua; jelita
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 28 Jun 2022 02:11
Last Modified: 28 Jun 2022 02:11
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2593

Actions (login required)

View Item View Item