Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Lembaga dan Religiusitas Terhadap Kepuasan Muzakki pada Baitul Mal Kota Langsa

Nurhayani, 4042017021 (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Lembaga dan Religiusitas Terhadap Kepuasan Muzakki pada Baitul Mal Kota Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
NURHAYANI. 4042017021. MZW. 2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang pengaruh kualitas pelayanan, citra lembaga dan religiusitas terhadap kepuasan muzakkῑ pada Baitul Mal Kota Langsa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah kualitas pelayanan, citra lembaga dan religiusitas berpengaruh terhadap kepuasan muzakkῑpada Baitul Mal Kota Langsa, baik secara parsial maupun secara simultan. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan menggunakan metode kuesioner, wawancara dan observasi. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling yang dilakukan dengan mengambil orang-orang yang terpilih betul oleh peneliti menurut ciri-ciri spesifik yang dimiliki oleh sampel tersebut. Berdasarkan random yang dilakukan oleh peneliti, maka diambil sampel pada Kota Langsa, kemudian teknis analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda. Dari hasil penelitian ini diperoleh pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan muzakkῑmenunjukkan nilai thitung sebesar -0,341 dengan nilai signifikansi 0,734 > 0,05, artinya kualitas pelayanan secara parsial mempunyai pengaruh negatif tidak signifikan terhadap kepuasan muzakkῑpada Baitul Mal Kota Langsa. Pengaruh citra lembaga terhadap kepuasan muzakkῑmenunjukkan nilai thitung sebesar 1,488 dengan nilai signifikasi 0,141 > 0,05, artinya citra lembaga secara parsial mempunyai pengaruh positif tidak signifikan terhadap kepuasan muzakkῑpada Baitul Mal Kota Langsa. Pengaruh religiusitas terhadap kepuasan muzakkῑmenunjukkan nilai thitung sebesar -0,311 dengan nilai signifikansi 0,757 > 0,05, artinya pengaruh religiusitas secara parsial mempunyai pengaruh negatif tidak signifikan terhadap kepuasan muzakkῑpada Baitul Mal Kota Langsa. Dari hasil uji F menunjukkan hasil fhitung 0,863 dengan nilai signifikasi 0,465 > 0,05, artinya kualitas pelayanan, citra lembaga dan religiusitas secara bersama-sama tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan muzakkῑpada Baitul Mal Kota Langsa. Berdasarkan uji R2 sebesar 0,6% kualitas pelayanan, citra lembaga dan religiusitas mempengaruhi kepuasan muzakkῑpada Baitul Mal Kota Langsa, sedangkan sisanya sebesar 99,4% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mulyadi , MA Pembimbing II: Juli Dwina Puspita Sari, M.Bus (ADV)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Citra Lembaga, Religiusitas, Kepuasan Muzakki.
Subjects: Muamalat > Baitul Mal
Divisions: Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 20 Jun 2022 03:31
Last Modified: 20 Jun 2022 03:31
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2572

Actions (login required)

View Item View Item