Pengaruh Strategi Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas V MIS Terpadu Langsa

Siti Khadijah, 1052016069 (2021) Pengaruh Strategi Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas V MIS Terpadu Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
SITI KHADIJAH. 1052016069. PGMI. 2021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini yaitu hasil belajar IPA yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman siswa pada pembelajaran IPA di Kelas V MIS Terpadu Langsa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen. Sampel penelitian yaitu terdiri dari 31 siswa kelas vA dan 31 siswa kelas VB. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan teknik tes. Metode analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan independent simple t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman siswa pada materi organ pencernaan makanan manusia yang menggunakan strategi PBL dengan yang tidak menggunakan strategi PBL. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil perhitungan pada uji hipotesis dengan menggunakan uji independent simple test pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,033. Karena nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 (0,033 ‹0,05) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Iqbal, S.Ag, M.Pd Pembimbing II: Rita Sari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: IPA, Pembelajaran, Problem Based Learning
Subjects: Pendidikan > Permasalahan Dalam Pendidikan
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 16 Jun 2022 07:58
Last Modified: 16 Jun 2022 08:09
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2566

Actions (login required)

View Item View Item