Pengaruh Kualitas Customer Service, Kebutuhan Nasabah, Citra Pegadaian Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Jasa Layanan Gadai Di Pegadaian Syariah (Unit Tualang Cut, Aceh Tamiang)

Reka Aruna, 4012017160 (2021) Pengaruh Kualitas Customer Service, Kebutuhan Nasabah, Citra Pegadaian Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Jasa Layanan Gadai Di Pegadaian Syariah (Unit Tualang Cut, Aceh Tamiang). Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
REKA ARUNA.4012017160.PBS.2021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan lembaga keuangan khususnya dalam hal ini pegadaian syariah belomba-lomba mengedepankan kualitas customer service untuk menarik nasabah baru melalui layanan gadai. Pegadaian syariah Unit Tualang Cut perlu mengetahui seberapa besar kebutuhan nasabah, mengingat jumlah nasabahnya yang meningkat setiap tahun. Pegadaian juga harus menghadapi persaingan antar lembaga keuangan syariah maupun konvensional yang masih sangat mendominasi sehingga dituntut agar mampu mengembangkan strategi pemasaran yang tepat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam menggunakan jasa layanan gadai di pegadaian syariah Unit Tualang Cut, Aceh Tamiang. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah pegadaian syariah Unit Tualang Cut dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan bantuan perhitungan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas customer service berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah (nilai sig. sebesar 0,000), variabel tingkat kebutuhan nasabah berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah (nilai sig. sebesar 0,012) dan variabel citra pegadaian syariah tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah (nilai sig. sebesar 0,963). Sedangkan variabel kualitas customer service, tingkat kebutuhan nasabah dan citra pegadaian syariah secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa layanan gadai di pegadaian syariah Unit Tualang Cut, Aceh Tamiang (nilai sig. sebesar 0,000). Besarnya nilai Adjusted R Square sebesar 0,701 yang berarti sumbangan variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 70,1% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Mulyadi, MA Pembimbing II:Khairatun Hisan, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kualitas Customer Service, Kebutuhan Nasabah, Citra Pegadaian Syariah, Keputusan Nasabah, Pegadaian Syariah
Subjects: Muamalat > Gadai
Divisions: Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 02 Jun 2022 02:57
Last Modified: 02 Jun 2022 02:57
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2538

Actions (login required)

View Item View Item