Ramadaniatun, 1062016038 (2022) Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Anak Melalui Permainan Meniru di RA AL-ASHRIYAH. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
RAMADANIATUN.1062016038.PIAUD.2022.pdf Download (7MB) |
Abstract
Permasalah dalam penelitian ini yang berkaitan dengan bagaimana peningkatan kemampuan menulis anak usia 4-5 tahun melalui permainan meniru di RA Al�Ashiriyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan kemampuan menulis anak usia 4-5 tahun di RA Al- Ashiriyah. Menulis awal merupakan suatu perkembangan bahasa yang harus dikembangkan sejak anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskrptif kualitatif dengan jumlah subjek dalam penelitian ini yaitu anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 10 orang di RA Al- Ashiriyah. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi dan test. hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis anak usia 4-5 tahun dengan menggunakan permaianan meniru dimana pada kegiatan pre-test bahwa hanya 56% dari total keseluruhan anak dikelas yang memiliki kemampuan menulis permulaan yang mencapai skor minimal yang sudah ditentukan. Sementara, Penelitian akan dikatakan berhasil apabila terdapat 71% dari total keseluruhan anak mencapai skor minimal, berdasarkan data kegiatan pos-tets setelah diterapkan permainan meniru perkembangan yang sangat pesat yaitu 89% dari total keseluruhan anak mencapai skor minimal yang sekaligus menyatakan bahwa penelitian yang peniliti lakukan berhasil dan peneliti dan mencapai kriteria pencapaian keberhasilan. Berdasarkan pemaparan tersebut, maka dapat disimpukan bahwa pemberian tindakan berupa kegiatan permaianan meniru dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak usia 4-5 tahun di TK Al�Ashiriyah. Oleh karena itu, sangat diharapkan pda guru khususnya kepala sekolah RA Al- Ashiriyah agar dapat memberikan kesempatan dan ruang bagi guru untuk menciptakan kegiatan pembelajaran yang lebih menarik seperti kegiatan permainan meniru dan lainnya. Dan bagi guru Al- Ashiriyah untuk mempertimbangkan dan merencanakan berbagai kegiatan permaianan meniru yang lebih bervariasi serta dikaitkan dengan kegiatan pembelajaran lainnya agar lebih menarik anak untuk belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Zainal Abidin, S.Pd.I, MA Pembimbing II: Siti Habsari Pratiwi, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Menulis dan Permainan Meniru |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 25 May 2022 09:01 |
Last Modified: | 25 May 2022 09:01 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2505 |
Actions (login required)
View Item |