Nurjannah, 1052017021 (2021) Perbandingan Metode Talqin dan Talaqqi dalam Menstimulus Kemampuan Hafalan Al-Qur'an Juz 30 pada Anak di TPA Raudhatul Ulum. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
NURJANNAH.PGMI.1052017021.2021.pdf Download (1MB) |
Abstract
Memilih metode menghafal Al-Qur‟an yang tepat sangatlah perlu dilakukan oleh seorang pengajar, agar dapat mengoptimalkan kelancaran dalam proses pembelajaran tahfidz Al-Qur‟an dan tentunya metode yang dipilih harus mampu menstimulasi kemampuan anak dalam menghafal Al-Qur‟an. Salah satu metode menghafal Al-Qur‟an yang dapat diterapkan oleh pengajar untuk mengatasi masalah tersebut yakni dengan menggunakan metode talqin dan talaqqi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara metode talqin dan talaqqi dalam menstimulasi kemampuan hafalan surat Al-„Alaq pada anak di TPA Raudhatul Ulum. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Sampel penelitian ini adalah anak berjumlah 16 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan menghafal Al�Qur‟an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan anak dalam menghafal Surat Al-„Alaq dengan metode talqin dan metode talaqqi. Hal ini ditunjukkan oleh nilai sig (2-tailed) 0,039 < 0,05 dan nilai t hitung 2,278 > 2,145 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kelas eksperimen 1 memperoleh nilai rata-rata sebesar 87,62 dan kelas eksperimen 2 sebesar 70,87. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan anak yang menggunakan metode talqin lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang menggunakan metode talaqqi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Rita Sari, M.Pd Pembimbing II: Fenny Anggreni, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Anak, Kemampuan Menghafal Al-Qur’an, Metode, Talaqqi, Talqin |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 18 May 2022 04:10 |
Last Modified: | 18 May 2022 04:10 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2491 |
Actions (login required)
View Item |