Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur'an Boarding School di SMP Negeri 6 Langsa

Rizki Akbar Majid, 1012017023 (2022) Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur'an Boarding School di SMP Negeri 6 Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
RIZKI AKBAR MAJID. 1012017023. PAI. 2022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Program tahfidz Al-Qur’an yang ada di boarding school SMP Negeri 6 Langsa diimplementasikan sejak tahun 2019. Program tahfidz Al-Qur’an merupakan salah satu program yang diunggulkan di boarding school. Kegiatan menghafal atau tahfidz Al-Qur’an yang dijalankan dibawah naungan boarding school SMP Negeri 6 Langsa yang mana memiliki tujuan untuk mencetak generasi muda yang islami, tidak hanya memberikan pelajaran umum, tetapi dilengkapi dengan pelajaran agama yang memadai untuk membentuk kedisiplinan. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana pelaksanaan Tahfidz Al-Qur’an di boarding school dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program tahfidz di boarding school SMP Negeri 6 Langsa. Penelitian ini untuk mengetahui tentang pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an di boarding school SMP Negeri 6 Langsa dan mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program tahfidz tersebut. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kualitatif yang mana menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang telah diperoleh dilakukan dengan metode deskriptif analitik. Program tahfidz Al-Qur’an ini dibentuk untuk mencetak generasi muda yang islami, tetapi tetap dilengkapi dengan pelajaran agama yang memadai untuk membentuk kedisiplinan serta siswa terlindungi dari hal-hal yang negatif seperti merokok, narkoba dan lainnya yang menyimpang. Program tahfidz Al-Qur’an dilaksanakan setiap hari setelah Sholat subuh dan setelah sholat dzuhur. Selain itu, program tahfidz ini di laksanakan di mushalla agar memudahkan guru tahfidz untuk mengontrol kelas. Faktor pendukung dalam pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an di boarding school SMP Negeri 6 Langsa yaitu fisik dan psikis yang baik, faktor usia siswa, dukungan penuh dari sekolah, perhatian guru dan motivasi dari orang tua. Dan faktor penghambat yaitu rasa malas pada siswa, waktu yang cukup sempit serta lebih kepada keadaan siswa/siswi itu sendiri. Karena tidak semua kemampuan siswa itu sama, sehingga ada siswa yang cepat dalam mencapai target dan ada pula siswa yang lambat dalam menghafal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Hamdani, MA Pembimbing II: Yustizar, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Program, Tahfidz Al-Qur’an, dan Boarding School
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 22 Apr 2022 04:00
Last Modified: 22 Apr 2022 04:00
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2461

Actions (login required)

View Item View Item