PENGGUNAAN METODE PENGAJARAN AL-QUR'AN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN DI DESA TANJUNG PARIT (STUDI PERBANDINGAN METODE IQRA' DENGAN METODE BAGHDADIYAH)

LINDA SARI, 110905250 (2014) PENGGUNAAN METODE PENGAJARAN AL-QUR'AN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN DI DESA TANJUNG PARIT (STUDI PERBANDINGAN METODE IQRA' DENGAN METODE BAGHDADIYAH). Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COT KALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
110905250.LINDA SARI.PAI.pdf

Download (934Kb) | Preview

Abstract

Melihat fenomena yang terjadi di kalangan masyarakat sekarang, terutama generasi-generasi muda masih banyak sekali belum mampu membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai dengan kaedah ilmu tajwid yang ada. Membaca Al-Qur'an sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah diatur di dalam ilmu tajwid sangat lah diperlukan. Hal ini agar ketika seseorang membaca Al-qur'an tidak dapat berubah makna atau arti dari bahas Al-Qur'an itu sendiri. Oleh karena itulah untuk meningkatkan kemampuan anak dalam membaca Al-Qur'an yang lebih baik, maka perlu adanya suatu metode pengajaran Al-Qur'an tepat, efektif dan efisien sehingga dapat suatu merangsang minat belajar anak sekaligus dapat mempermudah anak dalam belajar membaca al-Qur'an. Adapun salah satu metode yang lazim digunakan dalam belajar membaca Al-Qur'an yaitu metode iqra' dan metode baghgdadiyah. Meskipun kedua metode ini sama-sama digunakan dalam belajar membaca Al-Qur'an, akan tetapi metode ini sama-sama digunakan dalm belajar membaca Al-Qur'an, akan tetapi metode manakah yang lebih mudah dipahami anak dalam belajar membaca Al-Qur'an?. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah penulis uraikan maka penulis tertarik untuk menelitinya dalam sebuah skripsi yang berjudul "Penggunaan Metode Pengajaran Al-Qur'an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an di desa Tanjung Parit (studi perbandingan metode iqra' dengan metode baghdadiyah)". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode pengajaran Al-Qur'an di Desa Tanjung Parit dengan menggunakan metode iqra'. Untuk mengetahui bagaimana metode pengajaran Al-Qur'an di Desa Tanjung Parit dengan menggunakan baghdadiyah. Dan untuk mengetahui metode mana yang lebih mudah dipahami anak dalam belajar membaca Al-Qur'an antar metode iqra' dengan baghdadiyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra.Hj.Purnamawati,M.Pd. Pembimbing II : Andhika Jaya Putra ,MA
Uncontrolled Keywords: METODE PENGAJARAN, AL-QUR'AN, TANJUNG PARIT, METODE IQRA', METODE BAGDHDADIYAH
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 05 Oct 2015 02:55
Last Modified: 05 Oct 2015 02:55
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/246

Actions (login required)

View Item View Item