Kendala yang Dihadapi Siswa SMKN 1 Langsa Dalam Proses Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid 19

Alhafizah Sutri Ningsih, 1012016095 (2021) Kendala yang Dihadapi Siswa SMKN 1 Langsa Dalam Proses Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid 19. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
AL-HAFIZAH SUTRININGSIH. 1012016095 .PAI. 2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mewabahnya virus covid 19 atau lebih dikenal dengan virus corona berdampak pada banyak sektor, terutama sekali pada sektor pendidikan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengeluarkan Surat Edaran Menteri Nomor 4 Tahun 2020 tentang kebijakan pendidikan dalam masa Darurat Penyebaran Virus Corona. Hal ini merupakan sebuah antisipasi yang dilakukan guna memutuskan mata rantai penyebaran virus corona. Salah satu point yang ditekankan oleh pemerintah adalah agar pembelajaran yang dilakukan baik ditingkat dasar sampai perguruan tinggi dialihkan dengan pembelajaran secara daring di rumah masing�masing. Dengan model pembelajaran yang dilakukan oleh guru di SMKN 1 Langsa ini memang kurang berdampak bagi siswa, karena banyak siswa yang kurang paham dalam mengerjakan tugas, dan sulit untuk bertanya jika ada materi yang mereka kurang pahami. Hal ini lah yang menjadi kendala bagi guru dan siswa dalam memberikan pembelajaran daring selama masa pandemi ini. Sedangkan tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahuai kendala apa saja yang dihadapi siswa SMKN 1 Langsa dalam proses pembelajaran selama masa pandemi covid 19 dan apa saja usaha yang dilakukan siswa dalam mengatasi kendala tersebut. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif, Teknik pengumpulan data adalah melalui hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan di SMKN 1 Langsa tentang kendala yang dihadapi oleh siswa selama proses pembelajaran daring ternyata banyaknya siswa yang mengeluh dengan keterbatasan kouta internet, sehingga mereka sering kali tidak bisa mengikuti pelajaran yang disampaikan oleh guru, untuk mengantisipasi hal tersebut guru menggunaan aplikasi pembelajaran seperti Zoom Meetting Powerpoint, Vidio Pembelajaran dan lainya, namun yang sering sekali menjadi kendalanya adalah banyak aplikasi tersebut yang tidak bisa dibuka oleh HP siswa, bahkan ada dari beberapa orang siswa yang HP nya rusak sehingga tidak bisa mengikuti daring, dan banyak juga dari mereka yang mengeluh karena mereka merasa tidak nyaman dengan belajar daring, tidak bisa bertukar pikiran dengan sesama teman. Selain itu untuk mengatasi permasalahan tersebut pihak sekolah memberikan kemudahan kepada siswa yang tidak memiliki paket internet diberikan dari bantuan Dinas Pendidikan dan Telkomsel dan jika HP siswa rusak, maka siswa dapat datang langsung ke sekolah untuk mengambil tugas atau bertanya dengan guru bidang studi masing-masing tentang kendala yang dihadapi siswa selama proses pembelajaran daring ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Amiruddin, MA Pembimbing II: Nani Endri Santi
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Kendala siswa, Masa Pandemi
Subjects: Pendidikan > Kendala Dlm Bidang Pendidikan
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 22 Apr 2022 03:35
Last Modified: 22 Apr 2022 03:35
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2458

Actions (login required)

View Item View Item