Implementasi Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia 7-9 Tahun di GP.Matang Seulimeng Kota Langsa

Afryanti, 1052017002 (2021) Implementasi Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia 7-9 Tahun di GP.Matang Seulimeng Kota Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
AFRIYANTI.1052017002.PGMI.2021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu kemampuan yang harus dikuasai anak pada usia 7-9 tahun adalah membaca. Rendahnya kemampuan membaca akan berdampak terhadap penguasaan berbagai bidang studi serta psikologis siswa. Namun, berdasarkan hasil observasi peneliti dengan siswa usia 7-9 tahun di Gp.Matang Seulimeng Kota Langsa, diketahui bahwa banyak siswa yang masih sulit membaca dan sulit untuk berbicara. Salah satu metode yang dapat diimplementasikan dalam membantu siswa agar mudah untuk membaca adalah metode Drill. Metode Drill adalah suatu metode yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melatih melakukan sesuatu ketrampilan tertentu berdasarkan penjelasan atau petunjuk guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi metode Drill dalam meningkatkan kemampuan membaca dan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pada anak usia 7-9 tahun di Gp. Matang Seulimeng Kota Langsa menggunakan metode Drill. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Gp. Matang Seulimeng, Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa. Subjek penelitian penelitian ini yaitu siswa usia 7-9 tahun yang ada di Gp.Matang Seulimeng Kota Langsa. Hasil penelitian adalah implementasi metode Drill dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Dari keenam subjek pada penelitian ini diketahui bahwa anak yang sebelumnya belum mampu menyebutkan seluruh huruf konsonan atau vocal baik itu huruf besar maupun kecil, setelah menggunakan meode Drill keenam anak sudah mampu menyebutkan seluruh huruf konsonan atau vocal baik huruf besar maupun huruf kecil. Siswa yang sebelumnya kesulitan dalam mengeja kata yang mempunyai fonem yang sama, setelah menggunakan metode Drill sudah mampu mengeja kata dengan benar. Demikian halnya dengan kemampuan siswa dalam membaca lengkap, sebelum menggunakan metode Drill keenam subjek sangat kesulitan membaca dengan lengkap karena mereka masih dalam tahap mengenal huruf dan terbata-bata dalam mengeja dan setelah menggunakan metode Drill, namun setelah menggunakan metode Drill keenam anak sudah mampu mengeja dengan benar dan membaca beberapa kata dengan lengkap dan tanpa mengeja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Chery Julida Panjaitan, M.Pd Pembimbing II: Suhelayanti, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Metode Drill, Kemampuan Membaca, Anak usia 7-9 tahun
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 13 Apr 2022 03:58
Last Modified: 13 Apr 2022 03:58
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2408

Actions (login required)

View Item View Item