Strategi Pengembangan Produksi Terasi Merek 'Kak Mis Terasi Udang' Desa Lhok Banie Kota Langsa

Fakhrurrazi, 4022017042 (2021) Strategi Pengembangan Produksi Terasi Merek 'Kak Mis Terasi Udang' Desa Lhok Banie Kota Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
FAKHRURRAZI.4022017042.EKS.2021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pengembangan produksi terasi merek ‘Kak Mis Terasi Udang’ Desa Lhok Banie Kota Langsa. 2) untuk menganalisis strategi pengembangan produksi terasi merek ‘Kak Mis Terasi Udang’ Desa Lhok Banie. Dalam menjawab pertanyaan pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data analisis deskriptif dan analisis SWOT. Analisis deskriptif yaitu analisis yang menggambarkan dan meringkaskan berbagai kondisi, situasi atau berbagai variable dari suatu permasalahan. Analisis SWOT dapat dimaknai juga dengan penemuan berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan suatu rumusan yang memaksimalkan pada kekuatan (Strengths) dan peluang (Opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (Weaknesses) dan juga ancaman (Threats). Setelah melakukan penelitian ditemukan bahwa faktor internal yang mempengaruhi pengembangan produk terasi merek ‘Terasi Udang Kak Mis’ yaitu lokasi usaha yang strategis, ketersediaan tenaga kerja yang cukup, potensi produksi yang besar, kualitas produk yang baik, pengalaman berusaha yang baik, modal usaha yang tersedia, tidak adanya penanganan limbah dan peralatan penjemuran yang sederhana. Faktor eksternal yang mempengaruhi pengembangan produk adalah unggulnya nama terasi merek ‘Terasi Udang Kak Mis’, permintaan produk terasi yang stabil, adanya kerja sama dengan mitra usaha, ketidakstabilan jumlah input produksi, faktor cuaca yang tidak menentu, adanya produk terasi perusahaan lain dan harga bahan pendukung yang fluktuatif. Strategi pengembangan produk terasi merek ‘Terasi Udang Kak Mis’ adalah strategi S-O (Strengths-Oppurtunities), antara lain: mempertahankan kualitas produk agar dapat mempertahankan hubungan kerja sama dengan mitra usaha; memanfaatkan lokasi usaha, ketersediaan tenaga kerja, kapal penangkap pribadi, serta modal usaha yang tersedia untuk memaksimalkan produksi agar dapat memenuhi permintaan produk; memperluas kerja sama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Junaidi, M.Ed, MA Pembimbing II: Fakhrizal, Lc., MA
Uncontrolled Keywords: Strategi, Produksi, Terasi
Subjects: Muamalat > Jual Beli
Divisions: Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 11 Apr 2022 07:29
Last Modified: 11 Apr 2022 07:33
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2386

Actions (login required)

View Item View Item